Perbedaan dan Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Perbedaan dan Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik| Sebelumnya telah diinformasikan mengenai pengertian dan fungsi dari kedua saraf tersebut baik itu saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Kita tahu bahwa Saraf Simpatik adalah saraf yang berpangkal pada medula spinalis (sumsum tulang belakang). Sedangkan Saraf parasimpatik adalah saraf yang berpangkal pada medula oblongata (sumsum lanjutan).
Saraf simpatik dapat juga disebut dengan sistem saraf torakolumbar, karena preganglion keluar dari tulang belakang toraks ke 1 sampai toraks ke -12, dengan memiliki 25 pasang ganglion atau simpul saraf yang berada/letaknya di sumsum tulang belakang. Sedangkan saraf parasimpatik dapat juga disebut dengan sistem saraf kraniosakral. karena pra-ganglion keluar dari daerah otak dan daerah sakral.

1. Apakah Perbedaan Saraf Simpatik dan Saraf Parasimpatik ?..

Perbedaan Saraf Simpatik dan Saraf Parasimpatik - Perbedaan Saraf Simpatik dan Saraf Parasimpatik dapat dilihat dalam 3 cara yaitu berdasarkan gangglion, cara kerjanya, dan fungsi-fungsi dari kedua saraf tersebut antara lain sebagai berikut..
a. Berdasarkan Letaknya
Saraf Simpatik : Berpangkal pada medula spinalis (sumsum tulang belakang)
Saraf Parasimpatik : Berpangkal pada medula oblongata (sumsum lanjutan)
b. Berdasarkan Ganglion
Saraf Simpatik : Ganglion saraf simpatik berada dekat dengan sumsum tulang belakang. Serabut pada saraf simpatik memiliki ukuran yang pendek, sedangkan dari pacaganglionnya berukuran panjang
Saraf Parasimpatik : Serabut praganglion saraf parasimpatik memilliki ukuran yang panjang. Sedangkan pada serabut pacaganglion berukuran pendek. Ganglia neuron parasimpatik terletak atau berada di didalam organ target
c. Berdasarkan Cara Kerjanya

Saraf Simpatik : Merangsang/mempercepat kerja organ-organ tubuh
Saraf Parasimpatik : Menghambat kerja organ-organ tubuh
Perbedaan dan Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik
d. Berdasarkan Fungsinya 
Perbedaan saraf simpatik dan saraf parasimpatik dapat juga dilihat dari fungsinya pada organ-organ yang difungsikan antara lain sebagai berikut...

Perbedaan dan Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik

2. Apakah Persamaan Saraf Simpatik dan Saraf Parasimpatik ?..

Persamaan Saraf Simpatik dan Saraf Parasimpatik - Saraf simpatik dan saraf parasimpatik, memiliki juga persamaan dimana pertama merupakan sistem saraf tak sadar (otonom) pada devisi motoris yang mengatur fungsi tubuh bagian dalam (internal) dan saraf simpatik dan saraf parasimpatik terdapat penghubung antara sistem saraf pusat dan efektor, yang dinamakan ganglion.

Baca Juga : 
Pengertian dan Fungsi Saraf Parasimpatik
Pengertian Saraf Simpatik dan Fungsi Saraf Simpatik
Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang
Proses Mekanisme Jalannya Impuls
Struktur Bagian-Bagian Sel Saraf (Neuron) dan Fungsinya
Sistem Saraf Pada Manusia
Sistem Saraf Pada Hewan (Vertebrata dan Avertebrata)
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya

Demikianlah informasi berupa Perbedaan dan Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik. Semoga teman-teman dapat bermanfaat bagi kita semua baik itu perbedaan saraf simpatik dan saraf parasimpatik berdasarkan letaknya, Perbedaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik berdasarkan ganglion, Perbedaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik berdasarkan cara kerjanya, Perbedaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik berdasarkan fungsinya dan juga persamaan saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Perbedaan dan Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

.
Blog, Updated at: 18.08