Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 2 April 2015

Peranan Manfaat Virus yang Menguntungkan

Peranan Manfaat Virus yang Menguntungkan| Peranan Virus juga memiliki manfaat yang menguntungkan bagi makhluk di bumi. Banyak virus memiliki peranan yang merugikan bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan karena cara hidupnya bersifat parasit intraseluler obligat pada sel hidup. Namun demikian, ada beberapa jenis-jenis virus yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Apa sajakah Manfaat Virus itu ?.. Manfaat virus adalah sebagai berikut... 

Macam-Macam Peranan Virus yang Menguntungkan 
  • Dalam teknologi rekayasa genetika (manipulasi informasi genetik), seperti untuk terapi gen. Terapi gen adalah upaya dalam memperbaiki informasi genetik dengan memperbaiki susunan basa nitrogen pada untaian DNA yang ada di dalam gen. Salah satu keberhasilan adalah memperbaiki kelainan genetik ADD (adenosine deaminase deficiency) penyakit yang membuat seeorang tidak memiliki daya tahan tubuh, karena tidak terdapat enzim AD (adenosine deaminase). 
  • Pembuatan vaksin protein. Selubung virus dapat digunakan sebagai protein yang khusus memacu terbentuknya respons kekebalan tubuh dalam melawan suatu penyakit. 
  • Untuk pengobatan secara biologis. yaitu dengan melemahkan atau membunuh bakteri, jamur atau sprotozoa yang bersifat patogen. Bakteriofag, misalnya dapat digunakan untuk membunuh bakteri patogen. 
  • Pemberantasan serangga hama. Beberapa virus hidup parasit pada serangga. Virus dibiakkan yang digunakan untuk menyemprot serangga atau tanaman, misalnya Baculovirus. Sejak tahun 1950, Baculovirus digunakan untuk bioinsektisida yang tidak mencemari lingkungan.
  • Untuk membuat perangkat elektronik. Tim ilmuwan dari Jon Innes Center (pusat riset mikrobiologi di Inggris) berhasil menginokulasi partikel virus, kemudian mencampurnya dengan senyawa besi (Fe) untuk membuat kapasitor (alat penyimpanan energi listrik). 
Baca Juga : 
Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi
Virus Pemakan Bakteri (Bakteriofag) 
Macam-Macam Bagian Struktur Sel Bakteri dan Fungsinya
Macam-Macam Bakteri yang Merugikan Manusia

Demikianlah informasi mengenai Peranan Manfaat Virus yang Menguntungkan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Peranan Manfaat Virus yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin