Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 28 April 2015

Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan

Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan| Rantai makanan adalah jalur pemindahan (transfer) energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya melalui peristiwa makan dan dimakan. Herbivor mendapatkan energi dari memakan tanaman. Saat herbivor dimangsa karnivor, energi tersebut akan berpindah, dan seterusnya. Semakin pendek rantai makanan, semakin besar energi yang dapat disimpan oleh organisme di ujung rantai makanan. 

Berdasarkan tipe organisme (produsen) yang menjadi tingkatan trofik pertama, terdapat dua jenis rantai makanan, yaitu rantai makana perumput dan rantai makanan detritus. Rantai makanan yang dimulai dari organisme produsen (tumbuhan hijau) disebut dengan rantai makanan perumput. Contoh rantai makanan perumput yaitu padi => belalang => katak => ular. Rantai makanan yang dimulai dari defritus (serpihan organisme yang sudah mati) disebut dengan rantai makanan detritus. Contoh rantai makanan detritus yaitu serpihan daun (sampah) => cacing tanah => itik => manusia.  

Macam-Macam Rantai Makanan - Para ilmuwan ekologi mengenal tiga macam rantai pokok antara lain sebagai berikut...

    Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan
  • Rantai Pemangsa, Dalam rantai pemangsa, landasan utama produsen. Rantai pemangsa dimulai dari hewan yang bersifat herbivor sebagai konsumen I, dilanjutkan dengan hewan karnivor yang memangsa herbivor sebagai konsumen II, dan berakhir pada hewan pemangsa karnivor maupun herbivor sebagai konsumen III atau IV. Contoh Rantai Makanan Pemangsa antara lain sebagai berikut.. 
    Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan
  • Rantai Parasit, Rantai parasit dimulai dari organisme yang besar hingga ke organisme yang hidupnya sebagai parasit. Contoh organisme parasit antara lain seperti bakteri, cacing dan benalu. Contoh Rantai Makanan Parasit antara lain sebagai berikut..

    Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan
  • Rantai Saprofit, Rantai saprofit dimulai dari organisme mati ke jasad pengurai, seperti jamur dan bakteri. Contoh Rantai Makanan Saporift antara lain sebagai berikut..
Baca Juga : 
Macam-Macam Bentuk Piramida Ekologi
Jenis-Jenis Bakteri dan Contohnya
Mengenal Reproduksi Bakteri
Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Mamalia
Macam-Macam Mineral dan Fungsinya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat baik itu pengertian rantai makanan dan macam-macam rantai makanan atau pembagiannya, dan contoh rantai makanan. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 
Referensi : 
  • D.A.Pratiwi, dkk. 2006. Biologi. Jakarta : Erlangga. Hal : 277-278.
  • Irnaningtyas, 2013. Biologi. Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta : Erlangga. Hal : 411-412.  
Jangan Lupa SHARE :)  Teman-Teman..

Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin