Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya| Perangkat keras (Hardware) memiliki macam-macam jenis dengan fungsi yang beragam. Secara umum, Pengertian Perangkat Keras (hardware) adalah perangkat komputer yang berbentuk fisik (dapat disentuh). Fungsi perangkat keras (hardware) adalah memberikan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran, dan menjalankan suatu perintah. Perangkat komputer dibedakan menjadi dua jenis yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Hardware akan berfungsi jika atau karena adanya software yang menjalankannya.

Macam-Macam Perangkat Keras (Hardware) - Perangkat keras (hardware) komputer dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan fungsi atau tugasnya antara lain sebagai berikut..
  • Input device adalah perangkat input atau masukan 
  • Proses device adalah perangkat yang menjalankan sistem dari komputer
  • Output device adalah perangkat output/keluaran, menghubungkan sistem keluar
  • Storage device adalah perangkat untuk menyimpan
Macam-Macam Perangkat Keras (Hardware)
1. Input Device (Perangkat Masukan)
Input device adalah  perangkat komputer yang digunakan atau difungsikan sebagai masukan, baik itu berupa perintah atua koneksi ke dalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk dalam kategori masukan atau input. Macam-macam perangkat Input (masukan) antara lain sebagai berikut...
  • Keyboard adalah perangkat komputer yang digunakan atau berfungsi mengetik huruf, angka dan juga perintah kepada komputer
  • Scanner adalah perangkat komputer yang dgunakan atau berfungsi mengubah hard file menjadi digital file yang selanjutnya diolah komputer.
  • Mouse adalah perangkat komputer yang digunakan atau berfungsi untuk menjalankan perintah dengan klik baik itu klik kanan dan kiri serta mouse berfungsi sebagai penggerak kursor dan juga menunjuk aplikasi yang dijalankan
  • Touchpad adalah perangkat komputer yang digunakan atau berfungsi mirip dengan komputer. Touchpad biasa dijumpai pada laptop.
  • Joystik adalah perangkat komputer yang digunakan atau difungsikan dalam memberikan perintah/menggerakkan permainan
  • Mikrofon adalah perangkat komputer yang digunakan atau difungsikan mengirimkan suara yang selanjutnya diproses yang dikeluarkan melalui speaker.
Gambar-Gambar Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
2. Proses Device (Perangkat Proses) 
Proses device adalah perangkat komputer yang berfungsi dalam mengolah data dari hasil masukan. Perangkat keras sebagai proses adalah CPU (Central Processing Unit). Setiap data yang masuk akan diolah di CPUT baik perhitungan, pengolahan data, gambar dan suara. CPU juga mengatur perangkat keras (Hardware) dalam menjalankan tugas atau fungsinya. Macam-macam perangkat proses antara lain sebagai berikut..
Gambar-Gambar Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
  • CPU/Processor adalah perangkan komputer yang sangat penting karena menjalankan sistem komputer yang diibaratkan otak komputer.
  • Memori/RAM (Random access memory) adalah  perangkat keras yang menyimpan proses kerja komputer secara sementara. RAM membuat proses pengaksesan berlangsung cepat.
  • Power Supply adalah perangkat komputer yang berfungsi menghantarkan arus listrik sebagai pengontrol besarnya voltasi yang masuk ke komputer
  • Motherboard adalah perangkat komputer yang menghubungkan perangkat keras lainnya
  • VGA Card (Video Graphic Array) adalah perangkat komputer yang berfungsi dalam memberikan tampilan berkualitas pada monitor atau layar komputer.
3. Output Device (Perangkat Keluaran)
Output device adalah perangkat komputer yang memberikan keluaran/output yang berupa tulisan (huruf, angka, simbol), image (grafis, gambar), suara dan bentuk-bentuk lainnya. Output device merupakan perangkat yang mengeluarkan hasil dari pemrosesan dalam CPU baik itu yang berupa fisik atau non fisik. 
 
Gambar-Gambar Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
  • Monitor adalah perangkat komputer yang menampilkan pemrosesan atau hasil pemrosesan yang berupa visula atau gambar
  • Speaker adalah perangkat komputer yang berfungsi mengeluarkan suara dari komputer
  • Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya dari hasil pemrosesan 
  • LCD Proyektor adalah  perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau video yang media berupa layar atau bidang datar.
4. Storage Device  (Perangkat Penyimpanan)
Storage device adalah perangkat keras yang digunakan atau berfungsi sebagai media atau tempat penyimpanan setiap data-data komputer baik yang sedang proses atau hasil proses. Perangkat penyimpanan dibedakan menjadi 2 tipe yaitu storage exsternal memory (media penyimpanan eksternal) dan storage internal memory (media penyimpanan internal). Macam-macam perangkat penyimpanan (storage device) antara lain sebagai berikut.. 

Gambar-Gambar Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
  • Hardisk adalah perangkat penyimpanan utama komputer, biasanya tampil dikomputer sebagai sebuatan Drive :C, Drive D, dan seterusnya
  • Flashdisk adalah perangkat keras yang berfungsi penyimpanan ekstrenal data komputer yang paling banyak digunakan karena kemudahannya.
  • CD/DVD  adalah perangkat keras yang  digunakan atau berfungsi penyimpanan ekstrenal data komputer yang berupa piringan atau biasa disebut kaset
  • Floppy disk adalah perangkat keras berupa penyimpanan ekstrenal data komputer yang pertama kali, yang sekarang ini sudah jarang dijumpai dan digunakan.
Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian perangkat keras (hardware), fungsi perangkat keras (hardware), macam-macam perangkat keras (hardware). Janga lupa SHARE yah teman-teman :) Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 18.02