Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 22 April 2015

Mengetahui Pengertian Korupsi yang Sebenarnya

Pengertian dan Definisi Korupsi|Dampak-dampak dari korupsi sangat merugikan. Berbagai bentuk upaya, cara mengatasi korupsi, namun tetap saja korupsi tidak dapat dihilangkan dari bumi ini. Korupsi banyak disalah artikan baik itu cara, arti, dampak, dan masalah-masalah  korupsi, tahukah anda korupsi itu apa ?... Secara umum, Pengertian Korupsi adalah penyalahgunaan jabatan dan administrasi, ekonomi atau politik, baik yang disebabkan diri sendiri maupun orang lain yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi, sehingga menimbulkan kerugian bagi masyarakat umum, perusahaan atau pribadi lainnya. 

Pengertian Korupsi Menurut Hukum - Sedangkan Menurut Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Pengertian Korupsi adalah "setiap orang yang dikategorikan melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan maupun kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara". 

Macam-Macam Pengertian Korupsi Menurut Definisi Para Ahli - Dalam bidang-bidang tertentu korupsi dipandang dan diartikan berbeda-beda sesuai dengan pengemuka pribadi atau jabatan yang memberikan definisinya mengenai pengertian korupsi antara lain sebagai berikut.. 
  • Dalam Ilmu Politik, korupsi didefinisikan sebagai penyalahgunaan jabatan dan administrasi, ekonomi atau, politik, baik yang disebabkan oleh diri sendiri maupun orang lain yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan pribadi, sehingga menimbulkan kerugian bagi masyarakat umum, perusahaan atau pribadi lainnya. 
  • Menurut Brooks, pengertian korupsi adalah dengan sengaja melakukan kesalahan atau melalaikan tugas yang diketahui sebagai kewajiban atau tanpa keuntungan yang sedikit banak bersifat pribadi. 
  • Para Ahli Ekonomi, menggunakan definisi yang konkret yang mendefinisikan korupsi sebagai pertukaran yang menguntungkan (antara prestasi dan kontraprestasi, imbalan materi atau nonmateri), yang secara diam-diam dan sukarela, yang melanggar norma-norma yang berlaku, dan setidaknya merupakan penyalagunaan jabatan atau wewenang yang dimiliki salah satu pihak yang terlibat dalam bidang umum dan swasta.
  • Menurut Haryatmoko, Pengertian korupsi yang diartikan secara sederhana adalah dipahami sebagai upaya menggunakan kemampuan campur tangan karena posisinya untuk menyalahgunakan informasi, keputusan, pengaruh, uang atau kekayaan demi kepentingan keuntungan dirinya.  
Dampak Korupsi - Korupsi memiliki dampak yang dirasakan dan tidak dirasakan atau tidak terlihat namun kerugian yang ditimbulkan sangat besar baik itu bagi perekonomian, finansial, politik, dan sosial budaya. Macam-macam dampak korupsi adalah sebagai berikut..
  • Kesenjangan dalam pendapatan semakin terus meningkat
  • Kenaikan harga barang-barang akibat dari korupsi dalam dana APBN 
  • Jumlah rakyat miskin semakin bertambah akibat dari korupsi dalam bidang pembangunan pemerintah
  • Banyak rakyat yang di PHK akibat perusahaan kecil korupsi dalam dana investasinya
Bukan hanya itu dampak yang diakibatkan dari perilaku-perilaku tidak terpuji tersebut, korupsi sangat berbahaya dan harus diberantas seluruh masyarakat indonesia dengan terlebih dahulu dengan pencegahan dan penanganan mulai dari diri kita, kelakuan kita, sikap dan sifat kita yang mungkin kita sering melakukan korupsi yang memang dampaknya tidak sebesar dengan korupsi-korupsi elite pemerintahan, namun itu menjadi suatu langkah-langkah yang ampuh dalam mengatasi dengan pencegahan korupsi yaitu mulai dari diri kita sendiri.   

Baca Juga : 
Pengertian Konstitusi Menurut Definisi Para Ahli 
Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Macam-Macam Konstitusi 
Mengenal Ciri-Ciri Negara Hukum 

Mengetahui Pengertian Korupsi yang Sebenarnya
Demikianlah informasi mengenai Mengetahui Pengertian Korupsi yang Sebenarnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian korupsi secara umum, pengertian korupsi menurut undang-undang, pengertian dan definisi korupsi menurut para ahli, dan dampak dampak korupsi. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Mengetahui Pengertian Korupsi yang Sebenarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin