Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 14 April 2015

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi Sastra

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi Sastra| Hai teman-teman kali ini mengenai pengertian sastra, ciri-ciri sastra, fungsi dan jenis-jenis karya sastra. Pertama-tama dimulai dengan pengertian sastra. Secara umum, Pengertian Sastra adalah suatu karya yang indah baik itu tulisan dan lisan. Berdasarkan dari asal usul, definisi sastra diistilahkan sebagai kesustraan yang berasal dari bahasa sansekerta, yaitu sastra. su yang berarti bagus atau indah, sedangkan dari sastra yang berarti buku, tulisan atau huruf. Secara etimologi, dari arti kedua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa arti susastra atau sastra  adalah tulisan yang indah.

Istilah sastra terus mengalami perkembangan. Kesusastraan tidak hanya berupa dengan tulisan, tetapi kesusastraan ada yang berbentuk lisan. Karya semacam itu dinamakan dengan sastra lisan. Oleh karena itu, sekarang yang dinamakan dengan kesusastraan meliputi karya sastra lisan dan tertulis dengan ciri khasnya terdapat pada keindahan bahasanya.

1. Ciri-Ciri Karya Sastra - Sastra memiliki karakteristik yang dapat digolongkan atau dinamakan karya sastra. Ciri-ciri karya satra adalah sebagai berikut...
  • Isinya menggambarkan manusia dengan berbagai persoalannya
  • Bahasanya yang indah atau tertata baik 
  • Gaya penyajiannya menarik yang berkesan di hati pembacanya
2. Fungsi Karya Sastra - Dalam menciptakan sebuah karya sastra memiliki fungsi yang bertujuan bagi para pembaca dan pendengar. Fungsi karya sastra adalah sebagai berikut...
  • Fungsi rekreatif adalah memberikan kesangan atau hiburan bagi pembacanya 
  • Fungsi didaktfi adalah memberikan wawasan pengetahuan mengenai seluk-beluk kehidupan manusia bagi pembacanya
  • Fungsi estetis adalah sastra mampu memberikan keindahan pembacanya
  • Fungsi moralitas adalah memberikan pengetahuan bagi pembacanya mengenai moral yang baik dan buruk.
  • Fungsi religius adalah sastra menghadirkan karya yang didalamnya mengandung ajaran agama yang diteladani oleh pembacanya.  
Baca Juga : 
Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen 
Ciri-Ciri Karya Sastra Melayu Klasik 
Pengertian Pantun dan Bentuk-Bentuk Pantun 
Pengertian Kurikulum Menurut Definisi Para Ahli
Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Terbaru
Pengertian Paragraf Persuasif dan Contohnya
Macam-Macam Pola dalam Paragraf Deskripsi 
Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi


Demikianlah informasi mengenai  Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi Sastra. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat baik itu pengertian sastra, ciri-ciri karya sastra, fungsi karya sastra. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi Sastra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin