Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 12 April 2015

Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Pengertian Apresiasi Seni Rupa| Apa sih arti Apresiasi seni rupa ?.. Secara umum, pengertian apresiasi seni rupa adalah penilaian mengenai suatu karya seni, baik mengenali, menilai, dan menghargai bobot-bobot seni atau nilai-nilai seni yang terkandung dalam karya tesebut. Secara etimologis, Pengertian apresiasi seni adalah memberi putusan dengan rasa hormat sebagai cara untuk menghargai suatu keindahan karya seni. Apresiasi seni berasal dari bahasa latin, yaitu dari Appreatiatus yang berarti "memberi putusan dengan rasa hormat sebagai cara untuk menghargai suatu keindahan karya seni". Sedangkan dalam bahasa inggris, pengertian apresiasi seni rupa adalah berusaha mengerti tentang seni dan menjadi peka terhadap unsur di dalamnya sehingga secara sadar mampu menikmati dan pada akhirnya dapat menilai kara seni dengan baik. Dalam bahasa inggris apresiasi seni rupa adalah berasal dari kata to apreciate yang berarti menghargai, dan appreciation yang artinya penghargaan. 

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat pandangan yang keliru mengenai pengertian seni, akibat dari terbatasnya informasi yang memberikan Dampak. Dampaknya adalah adanya kesenjangan antara seni dengan lingkungan sosial dan lemahnya kadar apresiasi seni di kalangan pelajar dan masyarakat pada umumnya. Sebuah karya tercipta akan memberikan efek lain bagi penciptanya dan juga orang lain. Suka atau tidak suka, indah atau tidak indah, menyenangkan atau tidak menyenangkan, serta berbagai perasaan lain akan dirasakan oleh orang yang melihat karya seni tersebut. 

Banyak yang mengatakan bahwa seni adalah sesuatu yang mengandung nilai indah. Kata tersebut sepenuhnya tidak benar, disamping indah, ada juga seni yang tidak indah tetapi mengandung kata seni. Indah atau tidaknya suatu karya seni bergantung dari seniman pembuatnya dan juga para penikmat seni. Manusia tidak lepas dari sei karena seni merupakan bagian dari kehidupan manusia yang sifatnya universal, dimana seni salah bentuk kebudayaan yang mengandung nilai indah (estetis). Seni sangat sulit diartikan mengingat dari kompleksitas dan kedalamnnya. Pengertian seni dapat ditemukan sesuai dengan konsep yang muncul secara variatif sesuai dengan pemahaman, penghayatan, dan pandangan seseorang terhadap seni yang dijadikan acuan atau batasan. 

Demikianlah informasi Pengertian Apresiasi Seni Rupa. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman"

Pengertian Apresiasi Seni Rupa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin