Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies dan Contohnya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies| Interaksi/hubungan antarspesies terdiri atas beberapa macam jenis tipe-tipe interaksi antarspesies dimana kita tahu bahwa setiap organisme tidak dapat hidup sendiri, karena setiap organisme membutuhkan bantuan dari orang lain. Organisme berkelompok dalam menempati suatu ruang tertentu yang saling berinteraksi, baik yang sifatnya positif, negatif, netral atau kombinasi. Setiap interaksi-interaksi yang terjadi akan memberikan manfaat yang berdampak bagi setiap spesies yang saling berinteraksi anggota populasi yang akan memengaruhi kehidupan dan kecepatan pertumbuhan populasi. 

Tipe-Tipe Interaksi Antarspesies - Terdapat beberapa tipe interaksi antarspesies. Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies adalah sebagai berikut.... 
1. Netralisme 
Netralisme adalah interaksi antara dua atau lebih spesies yang satu sama lain tidak terpengaruh dari adanya asosiasi. Dalam Netralisme tidak ada yang diuntungkan dan dirugikan. Netralisme dapat terjadi jika antara spesies memiliki kebutuhan yang berbeda. Contoh Netralisme adalah antara sapi dan kucing, sapi memakan rumput, sedangkan kucing memakan tikus. 

2. Kompetisi (Persaingan) 
Kompotesi adalah interaksi antara dua atau lebih spesies yang saling menghalangi. Kompetisi dapat terjadi karena setiap spesies memiliki kebutuhan yang sama dimana setiap spesies bersaing dalam memperebutkan sesuatu yang diperlukan dalam hidupnya, seperti ruang (tempat), udara, air, makanan, sinar matahari, dan pasangan kawin. Persaingan tersebut berdampak bagi spesies yang kalah akan mati, tersingkir atau berpindah ke tempat lain. Kompetisi (persaingan) dibedakan menjadi dua macam antara lain sebagai berikut..
  • Kompetisi intraspesifik : Kompetisi intraspesifik adalah persaingan yang terjadi antara organisme atau individu yang memiliki spesies yang sama. Contoh Kompetisi Intraspesifik adalah kambing jantang dengan kambing jantang berkelahi dalam memperbutkan pasangan kawinnya. 
  • Kompetisi interspesifik : Kompetisi interspesifik adalah persaingan yang terjadi antara organisme atau individu yang berbeda spesies. Contoh Kompotisi Interspesifik adalah tanaman jagung dan rumput yang sama tumbuh di ladang. 
kambing jantang dengan kambing jantang berkelahi dalam memperbutkan pasangan kawinnya.
3. Komensalisme 
Komensalisme adalah interaksi atau hubungan antara dua atau lebih spesies dimana salah satu pihak diuntungkan dan spesies yang lain tidak dirugikan. Contoh Komensalisme adalah tumbuhan paku dan anggrek yang hidup menempel di pohon. 

anggrek yang hidup menempel di pohon.
4. Amensalisme 
Amensalisme adalah interaksi antara dua spesies atau lebih yang berakibat salah satu pihak dirugikan sedangkan pihak yang lain tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi atau tidak berakibat apa-apa (tidak rugi dan tidak untung). Pada banyak kasus, interaksi ini disebabkan oleh fenomena alelopati. Alelopati adalah fenomena ketika suatu organisme yang menghasilkan zat kimia dengan memengaruhi pertumbuhan, kelangsungan hidupnya, dan reproduksi organisme lain yang ada disekitarnya. Zat kimia yang dihasilkan disebut dengan alelokimia. Alelokimia adalah berupa metabolit sekunder yang tidak diperlukan dalam metabolisme organisme alelopati. Contoh Amensalisme adalah Nerium oleander menghasilkan racun oleandrin yang mematikan bagi manusia, ganggang Hydrodictyon dan Scnedesmus menghasilkan antibotik yang dapat mematikan bakteri tertentu. 

5. Parasitisme 
Parasitisme adalah interaksi atau hubungan antar organisme yang berbeda spesies yang hanya menguntungkan salah satu pihak sedangkan yang lain dirugikan. Parasit memperoleh makanan dari inangnya, jika inang mati, maka parasit akan mati atau mencari inang baru. Berdasarkan letaknya parasit dibedakan menjadi dua macam antara lain sebagai berikut... 
  • Parasit Internal (Endoparasit), contohnya Trichomonas vaginalis yang hidup pada saluran kelamin wanita. 
  • Parasit Ekternal (Ektoparasit), contohnya tumbuhan tali putri (Custuta sp) yang hidup menumpang pada tanaman lain. 
6. Mutualisme 
Mutualisme adalah interaksi/hubungan antara dua spesies atau lebih yang setiap pihak mendapatkan keuntungan dari saling membutuhkan yang sifatnya wajib. Contoh Mutualisme adalah Lichen yang merupakan mutualisme antara jamur dengan Cyanobacteria, Rhizobium yang  hidup pada bintil akar kacang-kacangan, lebah dengan bunga. 
lebah dengan bunga.

7. Protokooperasi 
  Protokooperasi adalah interaksi atau hubungan antara dua spesies atau lebih yang setiap mendapatkan keuntungan, tetapi tidak bersifat wajib. Contoh Protokooperasi adalah kerbau dengan burung jalak. Burung jalak mendapatkan makanan berupa kutu walaupun burung jalak bisa mendapatkan makanan dari sumber seperti semut, belalang, ulat.Sementara itu kerbau terbebas dari kutu. 

kerbau dengan burung jalak

8. Predasi (Pemangsaan) 
Predasi adalah interaksi atau hubungan mangsa dan pemangsa (predator). Predasi adalah hubungan yang sangat erat karena tanpa ada mangsa, predator tidak dapat hidup. Predator berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh Predasi adalah ular yang menjadi predator tikus, singa dengan kijang, beruang dengan ikan salem. 

beruang dengan ikan salem.

Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies dan Contohnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Sumber :Irnaningtyas.2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X, Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Hal : 408-410. Jakarta :Erlangga; Indriyanto.2006. Ekologi Hutan. Jakarta :Bumi Aksara; Pratiwi. D.A dkk. 2006. Biologi Jilid 1 untuk SMA Kelas X. Hal : 275-276. Jakarta : Erlanga. 

.
Blog, Updated at: 23.49