Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 30 March 2015

Proses Mekanisme Jalannya Impuls

Proses Mekanisme Jalannya Impuls| Terdapat dalam alur atau proses mekanisme jalannya impuls dalam sistem saraf. Sebelum itu, Apa itu Impuls ?.. Impuls adalah ransangan atau pesan yang diterima oleh reseptor dari lingkungan luar, kemudian dibawa oleh neuron. Impuls juga dikatakan serangkaian pulsa elektrik yang menjalari serabut saraf. Impuls yang diterima ole reseptor kemudian di sampaikan ke efektor yang menyebabkan terjadinya gerakan atau perubahan pada efektor. Gerakan tersebut adalah gerak sadar dan gerak refleks. Pada penjelasan Gerak sadar adalah gerak yang terjadi karena disadari atau disengaja. Alur atau mekanisme gerak sadar adalah mulai dari impuls-Reseptor-indera-Saraf sensorik-otak-saraf motorik-efektor/otot. Sedangkan Gerak refleks adalah gerak yang tidak disengaja atau tidak disadari. Alur atau mekanisme gerak refleks adalah impuls-reseptor/indera-saraf sensorik-sumsum tulang belakang-saraf motorik-efektor/otot.

Mekanisme Jalannya Impuls - Berdasarkan Secara umum, fungsi sel saraf adalah menerima rangsang dan dapat menanggapi rangsang tersebut. Sebagai jaringan komunikasi, tentunya saraf memiliki mekanisme khusus tentang cara meneruskan impuls. Dalam mekanisme jalannya impuls saraf terbagi atas dua. Mekanisme jalannya impuls saraf adalah sebagai berikut... 
  • Impuls Dihantarkan Melalui Sel Saraf : Impuls dapat diteruskan dan mengalir melalui sel saraf yang disebabkan adanya perbedaan potensial listrik yang dinamakan polarisasi. Muatan listrik di luar membran sel saraf adalah posifit sedang muatan yang diluar adalah negatif. Apabila sel saraf diberi dengan rangsangan akan mengakibatkan polarisasi membran berubah, sehingga polarisasi akan mengalami pembalikan. Proses pembalikan akan diulang yang menyebabkan rantai reaksi
  • Impuls Dihantarkan Lewat Sinapsis : Apabila impuls mengenai tombol sinaps, maka permeabilitas membran prasinapsis terhadap ion kalsium menjadi meningkat. Ion kalsium kemudian akan masuk, sedangkan gelembung sinapsis akan melepaskan neutransmitter ke celah sinaps. Gelembung sinaps melebur dengan membran prasinaps. Impuls sampai ke membran postsinaps karena dibawah neutransmitter, kemudian neutrotransmitter dihidrolisis oleh enzim yang dihasilkan oleh membran postsinaps.
 Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Proses Mekanisme Jalannya Impuls. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Proses Mekanisme Jalannya Impuls Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin