Macam-Macam Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Proses Gerhana Matahari| Dalam proses terjadinya gerhana matahari dengan berbagai macam jenis-jenis dengan bentuk skema/proses dan gambar yang berbeda. Menurut para pakar astronomi mengatakan bahwa gerhana adalah proses tertutupnya matahari atau bulan. Proses terjadinya gerhana matahari merupakan salah satu akibat dari revolusi bumi terhadap matahari sedangkan rotasi bulan terhadap bumi.

Di saat bulan membelah atau ada diantara bumi dan matahari, maka yang terjadi adalah bayang-bayang bulan akan berada di sebagian wilayah bumi. Sebagian wilayah bumi yang berada di daerah umbra akan terjadi gerhana matahari total. Sedangkan sebagian wilayah bumi yang berada pada daerah penumbra akan terjadi gerhana matahari sebagian (parsial).

Hal ini dapat terjadi karena walaupun bulan memiliki ukuran yang kecil namun bayangan bulan dapat melindungi bumi dari cahaya matahari karena jarak bulan dengan bumi pada saat itu rata-rata 384.400 km lebih dekat dari pada matahari yang mempunyai jarak dari matahari sekitar 149.680.000 km.
Proses Terjadinya Gerhana Matahari - Berdasarkan dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan mengenai proses terjadinya gerhana matahari dengan lebih jelas. Berikut proses terjadinya Gerhana Matahari... 
  • Gerhana Matahari Terjadi pada siang hari 
  • Posisi Matahari-Bulan-Bumi Sejajar
  • Bumi yang seharusnya menerima cahaya pada Matahari, tetapi terhalang oleh bulan 
  • Gerhana matahari dapat terjadi jika bayangan bulan menutupi permukaan bumi
  • Berlangsung sekitar kurang lebih 6 menit. 
Macam-Macam Proses Terjadinya Gerhana Matahari
"Proses Terjadinya Gerhana Matahari"
Jenis-Jenis Gerhana Matahari - Gerhana matahari memiliki berbagai macam jenis yang beberapa diantaranya telah disebutkan diatas dengan proses dan bentuk yang berbeda saat terjadinya gerhana matahari tersebut. Jenis-Jenis Gerhana Matahari adalah sebagai berikut.... 

a. Gerhana Matahari Total 
Proses terjadinya gerhana matahari total adalah ketika Bulan secara keseluruhan menutupi cahaya sinar matahari yang memancar ke bumi atau pada posisi daerah umbra dimana pada saat itu, bulatan bulan akan tampak sama atau lebih besar dari bulatan matahari. 

Gerhana Matahari Total

b. Gerhana Matahari Sebagian (Parsial)
Proses terjadinya gerhana matahari sebagian adalah disaat Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutupi sebagian pada bulatan matahari. 
Gerhana Matahari Sebagian (Parsial)

c. Gerhana Matahari Cincin
Proses terjadinya gerhana matahari cincin adalah saat bulan (saat puncak gerhana) hanya menghalangi sebagian bulatan Matahari, maka yang terjadi akan tampak seperti cincin dimana saat itu Ukuran bulatan bulan lebih kecil dari pada bulatan matahari. Bagian bulatan matahari yang tidak ditutupi oleh bulatan bulan, yang akan berada di sekeliling bulan dengan terlihat seperti cincin yang bercahaya. 

Gerhana Matahari Cincin
Baca Juga : 
Demikianlah informasi seputar Macam-Macam Proses Terjadinya Gerhana Matahari. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Buat Teman-Teman "Jangan lupa SHARE melalui sosmed teman-teman gunakan seperti yang ada dibawah ini..untuk memudahkan teman-teman kita yang lagi kesusahan nyari Macam-Macam Proses Terjadinya Gerhana Matahari". Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 20.51