Mengenal Macam-Macam Peranan Pers di Indonesia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Peranan Pers Indonesia| Pers indonesia adalah pers Pancasila dengan berdasar pada nilai-nilai Pancasila. Peranan pers Pancasila dalam kehidupan yang berbangsa dan juga bernegara Indonesia yang dapat kita ketahui dengan melihat pelaksanaan dari pers Indonesia, selalu memerhatikan nilai-nilai Pancasila. Pers Pancasila Berdasarkan nilai-nilai pancasila adalah pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa yaitu pers yang berperan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan dan ketawaan serta memiliki tanggung jawab yang diserta dengan moral tinggi.

Pers pada Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab yang berarti bahwa pers menjunjung tinggi hak asasi manusia serta memelihara harkat, derajat, dan martabat manusia. Pers berdasarkan Persatuan Indonesia adalah pers yang selalu memelihara dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pers berdasarkan Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perkawilan yang berarti bahwa pers yang mewujudkan kedaulatan rakyat dan demokrasi, sedangkan pers berdasarkan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang berarti bahwa pers yang bertujuan dalam meningkatkan kesejahteraan Indonesia dengan menciptakan keadilan dan kemakmuran. 

Pers pancasila merupakan pers yang dapat dikatakan sangat cocok bagi masyarakat Indonesia karena pers Pancasila adalah pers yang mampu mendorong tumbuhnya daya dan sikap kritis masyarakat berdasarkan Pancasila. Masyarakat Indonesia menyadari bahwa peranan pers Pancasila di Indonesia sangat nyata dan juga penting, diantara bahwa pers Pancasila dapat menyuarakan aspirasi masyarakat kepada pemerintah, menjaga persatuan dan kesatuan, serta keutuhan NKRI. Pers Pancasila selalu mendukung dalam proses pembaruan masyarakat dan selalu bijaksana dalam menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi masyarakatnya. 

Peranan Pers Pancasila - Dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 yang memuat mengenai Peranan Pers Pancasila. Peranan pers pancasila adalah sebagai berikut.... 
  • Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui 
  • Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong dalam terwujudnya supremasi hukum, dan hak asasi manusia serta menghormati kebhinekaan. 
  • Mengembangkan pendapat umum yang didasarkan pada informasi yang tepat, akurat, dan benar. 
  • Melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum
  • Memperjuangkan keadilan dan kebenaran. 
Menurut Joko Utomo mengenai peranan pers dalam kemajuan masyarakat Indonesia. Joko Utomo menegaskan dengan mengemukakan peranan khusus pers sebagai berikut... 
  • Pers memperkuat dan mengkreatifkan konsensus-konsensus dasar nasional 
  • Pers perlu mengenali masalah-masalah sosial yang peka dalam masyarakatnya
  • Perlu perlu menggerakkan prakarsa masyarakat, memperkenalkan usaha-usahanya sendiri dalam menemukan potensi-potensi yang kreatif dalam usaha memperbaiki perikehidupannya
  • Pers menyebarluaskan dan memperkuat kemampuan masyarakat untuk mengubah nasibnya sendiri.
  • Kekurangan, kegagalan, serta korupsi dilaporkan bukan untuk merusak dan membangunkan rasa pesimis tetapi untuk koreksi dan membangkitkan kegairahan dan selalu melangkah maju. Oleh karena itu, pes harus bersedia mengoreksi diri dan juga dikoreksi. 
Baca Juga : 

Demikianlah informasi seputar Mengenal Macam-Macam Peranan Pers di Indonesia. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 02.31