Pengertian Politik Luar Negeri dan Tujuannya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Politik Luar Negeri dan Tujuannya| Politik luar negeri, Apa sih itu ?...Secara umum, Pengertian Politik Luar Negeri adalah suatu perangkat yang formula, nilai, sikap dan arah serta sasaran untuk mempertahankan, mengamankan dan memajukan kepentingan nasional dalam menjalin sebuah kerja sama dengan negara lain. Secara sederhana, pengertian politik luar negeri adalah cara negara dalam berinteraksi dengan negara lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pengertian politik luar negeri dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengertian politik luar negeri dalam arti luas dan sempit. Dalam arti luas, pengertian politik luar negeri adalah pola perilaku yang digunakan oleh suatu negara dalam berhubungan kepada negara lain. Sedangkan dalam arti sempit, pengertian politik luar negeri adalah strategi atau taktik yang digunakan dalam menjalin kerja sama dengan negara lain.  Kerja sama yang dilakukan biasanya dalam hal mengeluarkan doktrin, diplomatik, mencanangkan tujuan dalam waktu yang lama atau singkat dan membuat aliansi.

Secara Terminologi, pengertian politik luar negeri dibagi dalam dua hal yaitu Teori Hubungan Internasional (THI) dan Politik Luar Negeri (PLN), Teori hubungan internasional adalah membahas tentang pemahan-pemahaman ideologi yang ada didunia dan kerja sama negara-negara dalam suatu organisasi internasional. Menurut buku "Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri Indonesia (1984-1988), yang mengartikan bahwa pengertian politik luar negeri adalah suatu kebijaksanaan pemerintah dalam berhubungan dengan dunia internasional untuk mencapai tujuan nasional". Politik luar negeri dalam terjadi hubungan dengan negara lain tidak dipengaruhi oleh negara-negara berkuasa dan juga organisasi-organisasi internasional.

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Definisi Para Ahli
  • Hudson : Menurut definisi Hudson yang menyatakan bahwa pengertian politik luar negeri adalah sub-disiplin dari hubungan internasional tentang politik luar negeri untuk menjadi panduan bagi negara-negara lain yang ingin bersahabat dan bermusuhan dengan negara tersebut. 
  • JR. Childs : Pengertian politik luar negeri menurut pendapat JR. Childs adalah pokok-pokok hubungan luar negeri dari suatu negara
  • Goldstein : Menurut Goldstein, pengertian politik luar negeri adalah strategi yang digunakan pemerintah sebagai pedoman dikancah internasional. 
  • Plano dan Olton : Menurut pendapat Plano dan Olton mengenai pengertian politik luar negeri yang menegaskan bahwa politik luar negeri adalah strategi atau rencana tindakan yang dibuat oleh para pembuat keputusan negara dalam menghadapi negara lain atau unik politik internasional yang lainnya untuk mencapai tujuan nasional.  
Jadi, kita dapat menyimpulkan apa sebenarnya tujuan dilakukan Politik Luar Negeri. Tujuan Politik Luar Negeri adalah untuk mewujudkan kepentingan nasional. Tujuan politik luar negeri tersebut menggambarkan tentang masa depan suatu negara yang diawali dari penetapan kebijakan dan keputusan yang didasarkan kepada kepentingan nasional 

Baca Juga : 
Macam-Macam Perjanjian Internasional dan Contohnya
Pengertian Perjanjian Internasional
Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya
Pengertian Sistem Politik dan Ciri-Ciri Sistem Politik
Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Macam-Macam Konstitusi
Pengertian Pers Menurut Definisi Para Ahli


Demikianlah informasi seputar Pengertian Politik Luar Negeri dan Tujuannya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian luar negeri secara umum, pengertian politik luar negeri menurut definisi para ahli, dan tujuan politik luar negeri. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 23.31