Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 19 March 2015

Pengertian Meteor, Apa sih itu ?...

Pengertian Meteor, Apa sih itu ?..| Ada banyak definisi para ahli mengenai pengertian meteor. Namun Secara Umum, Pengertian Meteor adalah benda langit yang mengorbit dengan mengitari atau mengelilingi matahari dalam lintasan yang tidak tetap. Meteor merupakan pecahan benda baik itu dari asteroid dan komet, meteor dapat berupa serpihan batu atau besi. Meteor dapat ke bumi karena tertarik oleh gravitasi bumi dimana disaat memasuki atmosfer bumi, meteor akan bergesekan dengan udara sehingga meteor akan berpiar, yang disebut dengan bintang jatuh. 

Hal ini merupakan mengapa meteor dapat dikatakan bintang jatuh dan dapat berpiar, terbakar, atau bercahaya. Meteor akan jatuh di permukaan bumi dan menyebabkan lubang besar atau kawah disaat meteor tidak habis terbakar pada saat di atmosfer. Meteor yang jatuh dibumi disebut dengan Meteorit. Meteor yang jatuh dengan jumlah yang banyak disebut dengan hujan meteor, seperti yang pernah terjadi di Prancis pada tahun 1803.

Ada sekitar 75 juta meteor yang setiap hari memasuki atmosfer bumi yang bergerak dengan kecepatan antara 35-39 km/detik dimana meteor membutuhkan 1 detik untuk terbakar sepenuhnya di atmosfer. Kandungan Meteor - Meteor dibedakan menjadi dua macam, yaitu meteorit logam dan meteorit batuan. Meteorit logam mengandung 91% Fe, 8%Ni, dan selebihnya Co, P serta unsur-unsur lainnya. Sedangkan Meteorit batuan mengandung 36% O, 26%Fe, 18%Si, 14%Mg dan sejumlah kecil unsur lainnya.

Umumnya meteor hanya gumpalan kecil, tapi ada juga yang sampai memiliki ukuran yang sangat besar dengan massa sekitar 34.000 kg seperti yang pernah ditemukan di Greenland tahun 1897 yang dinamakan meteorit Ahnignito. Sebuah meteor yang jatuh di Arizona yang diperkirakan memiliki massa sekitar 50.000 ton ini mengakibatkan terbentuknya kawah yang dikenal sebagai kawah Barringer (Barringer Crater) dengan diamater sekitar 1.400 m dan kedalam sekitar 190 meter. Meteor terkecil yang disebut dengan meteorit Ras Tanura, yang jatuh di Arab Saudi tahun 1961 dengan berat sekitar 6 gram. Sedangkan Meteor terbesar menurut para ilmuwan ialah Meteor yang pernah jatuh di bumi sekitar 65 juta tahun silam yang menimbulkan debu dasyat dan banyak para ahli yang menyakini bahwa meteor pada waktu menyebabkan kepunahan dinausorus. 
Pengertian Meteor, Apa sih itu ?...
Pengertian Meteor, Apa sih itu ?...
Baca Juga :
Pengertian Komet, Apa itu ?...
Tata Surya : Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari 
Ciri-Ciri Struktur Lapisan-Lapisan Atmosfer
Pengertian Litosfer : Apa itu Litosfer ?..
Pengertian Atmosfer dan Lapisan-Lapisan Atmosfer
Pengertian Bumi dan Struktur Lapisan Bumi 
Manfaat dari Lapisan Atmosfer

Pengertian Meteor, Apa sih itu ?...
"Meteor jatuh di Rusia 15 Februari 2013 di Chelyabinsk"
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Meteor, Apa sih itu ?.... Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Pesan buat teman-teman "jangan lupa SHARE", kami harap :). Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman"

Pengertian Meteor, Apa sih itu ?... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin