Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya| Neuron (sel Saraf) memiliki berbagai macam jenis-jenis neuron dengan fungsi yang saling terhubung satu sama lain. Neuron adalah unit struktural dan fungsional dari sistem saraf. Neuron mempunyai kemampuan sebagai konduktivitas (penghantar) dan eksistabilitas (dapat dirangsang, serta memiliki kemampuan merespon rangsangan dengan sangat baik. Neuron terdiri tiga bagian-bagian neuron. Bagian-bagian neuron adalah badan sel (perikarion), Dendrit, Akson. Dari setiap bagian-bagian neuron tersebut terdapat beberapa macam-macam neuron yang dilihat dari struktur dan fungsinya. Macam-Macam Neuron adalah sebagai berikut...


Macam-Macam Neuron dan Fungsinya - Berdasarkan strutkur dan fungsinya, Neuron dibedakan atas tiga jenis antara lain sebagai berikut... 
  • Sel Saraf Sensorik : Sel saraf Sensorik berfungsi menghantar impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) dan sumsum tulang belakang (medula spinalis). Ujung akson dari saraf sensokrik berhubungan dengan saraf asosiasi (intermediet). 
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya
Neuron Sensorik
  • Sel Saraf Motorik : Sel saraf Motorik berfungsi mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar yang hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan. Badan sel saraf motor berada di sistem saraf pusat. Dendritnya yang panjang berhubungan dengan akson saraf asosiasi, sedangkan aksonnya dapat sangat panjang. 
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya
Neuron Motorik
  • Sel Saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor : Sel saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor disebut juga sel saraf asosiasi. Sel ini dapat ditemukan didalam sistem saraf pusat. Fungsi Sel saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor adalah berfungsi menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori atau berhubungan dengan sel saraf lainnya yang ada di dalam sistem saraf pusat. Sel saraf intermediet menerima impuls dari reseptor sensorik atau sel saraf asosiasi lainnya.
Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya
Neuron Intermediete/Konektor
Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat dari tiap-tiap pembahasan pada Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya seperti fungsi sel saraf sensorik, fungsi sel saraf motorik, fungsi sel saraf intermediete atau fungsi sel saraf konektor. Jangan lupa SHARE yah teman-teman :). Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 22.55