Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 31 March 2015

Macam-Macam Bentuk Piramida Ekologi

Piramida Ekologi| Terdapat macam-macam jenis piramida ekologi seperti piramida jumlah, piramida biomassa, piramida energi dengan bentuk dan gambar atau skema dari setiap jenis-jenis piramida ekologi. Sedangkan pada Pengertian Piramida Ekologi adalah susunan tingkat trofik (tingkat nutrisi atau tingkat energi) secara berurutan menurut pada rancai makanan atau jaring-jaring makanan dalam ekosistem. Fungsi piramida ekologi adalah menunjukkan perbandingan di setiap tingkatan trofik satu dengan tingkatan trofik yang lainnya dalam suatu ekosistem. Struktur trofik pada ekosistem dapat disajikan dalam bentuk piramida ekologi.  

Macam-Macam Bentuk Piramida Ekologi - Struktur trofik pada ekosistem dapat disajikan dalam bentuk piramida ekologi. Ada tiga jenis piramida ekologi, yaitu piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi. Berikut penjelasan dari tiga jenis piramida ekologi...

a. Piramida Jumlah  
Komposisi organisme, tergolong dalam tingkat trofik yang disajikan dalam piramida jumlah. Piramida jumlah adalah piramida yang menunjukkan jumlah organisme pada setiap tingkatan trofik. Organisme di tingkat trofik pertama biasanya melimpah, sedangkan tingkat trofik kedua, ketiga dan selanjutnya semakin berkurang. Komunitas yang kebanyakan memiliki jumlah normal adalah tumbuhan yang lebih banyak daripada organisme herbivor. Demikian pula, pada jumlah herbivor yang selalu lebih banyak daripada jumlah karnivor tingkat I. Karnivor tingkat I juga selalu lebih banyak dari pada karnivor tingkat II dan seterusnya.
Macam-Macam Bentuk Piramida Ekologi
b. Piramida Biomassa
Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan berat atau massa kering total organisme hidup dari masing-masing tingkat trofiknya pada suatu ekosistem dalam kuran waktu tertentu. Piramida biomassa memiliki penggambaran yang lebih realistik dari pada piramida jumlah. Fungsi piramida biomassa adalah menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di habitat tertentu, dan dinyatakan dalam gram.  Untuk menghindari kerusakan habitat, maka biasanya pengukuran menggunakan metode sampel. Sampel diukur, kemudian total seluruh biomassa yang dihitung dengan perbandingan yang tertentu. Pengkuran tersebut, menghasilkan informasi yang lebih akurat mengenai ekosistem. 


c. Piramida Energi 
Piramida energi adalah piramida yang menggambarkan terjadinya penurunan energi pada tiap tahap tingkatan trofik. Piramida energi dibuat berdasarkan pada observasi dalam waktu yang lama. Piramida energi memberikan gambaran paling akuran mengenai aliran energi dalam ekosistem dari pada piramida jumlah, dan piramida biomassa. Pada piramida energi terjadi penurunan jumlah energi secara berturut-turut dari tingkat trofik yang paling rendah ke tingkat trofik yang paling tinggi. Berkurangnya energi pada setiap tingkat trofik terjadi karena hal-hal berikut... 
  • Hanya sebagian pada makanan yang ditangkap dan dimakan oleh tigkat trofik selanjutnya
  • Makanan yang dimakan tidak akan bisa seluruhnya dicerna dan ada yang dikeluarkan sebagai sampah
  • Hanya pada sebagian makanan yang dicerna menjadi bagian dari tubuh organisme, sedangkan pada sisanya digunakan sebagai sumber energi.
  •  
Macam-Macam Bentuk Piramida Ekologi


Dari ketiga tipe piramida ekologi, piramida energi yang dianggap model piramida terbaik. Alasan piramida energi dianggap paling terbaik adalah sebagai berikut...
  • Tidak dipengaruhi dari ukuran organisme dan kecepatan metabolisme organisme
  • Menunjukkan efisiensi ekologi atau produktivitas ekosistem
  • Memberikan gambaran berkaitan dengan sifat fungsional suatu ekosistem
Baca Juga : 
Pengertian Ekologi, Ayo tebak apa itu Ekologi ?...
Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies dan Contohnya
Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya
Pengertian Abiotik dan Komponen Abiotik

Demikianlah informasi mengenai  Macam-Macam Bentuk Piramida Ekologi. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua bagi itu piramida jumlah, piramida biomassa, piramida energi. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Macam-Macam Bentuk Piramida Ekologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin