Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 31 March 2015

Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang

Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang| Struktur tulang belakang terdiri atas beberapa bagian-bagian yang berfungsi dalam berbagai sistem koordinasi tubuh manusia. Sebelum membahas lebih jauh mengenai sumsum tulang belakang, tahukah anda Apa itu Sumsum Tulang Belakang ?.. Sumsum tulang belakang adalah tali putih kemilau yang berbentuk tabung dari dasar otak yang menuju ke tulang belakang. Sumsum tulang belakang juga disebut dengan tali spinal.

Pada irisan melintangnya, tampak dua bagian-bagian pada sumsum tulang belakang, yakni bagian luar yang tampak berwarna putih dan bagian dalam yang tampak abu-abu yang berbentuk kupu-kupu. Bagian luat pada sumsum tulang belakang berwarna putih, karena tersusun oleh akson dan dendrit yang diselubungi mielin. Sedangkan pada bagian dalam sumsum tulang belakang adalah berwarna abu-abu yang tersusun oleh badan sel yang tak diselubungi mielin dari interneuron dan neuron motorik. 

Apabila sumsum tulang belakang diiris secara vertikal, bagian dalam sumsum tulang belakang berwarna abu-abu dan terdapat saluran tengah yang disebut dengan ventrikel dan berisi cairan serebrospinal. Ventrikel ini berhubungan juga dengan ventrikel di dalam otak. Bagian dalamnya mempunyai dua akar saraf yaitu akar dorsal yang berisi dengan saraf sensorik ke arah punggung, dan akar ventral yang berisi dengan saraf motorik ke arah perut.

Fungsi Anatomi Sumsum Tulang BelakangFungsi Sumsum Tulang Belakang - Sumsum tulang belakang memiliki fungsi penting dalam tubuh. Fungsi sumsum tulang belakang adalah sebagai berikut... 
  • Menghubungkan impuls dari saraf sensorik ke otak dan sebaliknya
  • Menghubungkan impuls dari otak ke saraf motorik yang memungkinkan menjadi sebuah jalur terpendek dalam gerak refleks. 
  • Menyampaikan pesan dari otak ke berbagai bagian-bagian tubuh yang umumnya pada otot untuk dikenakan tindakan 
Baca Juga : 

Demikianlah informasi tentang Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin