Ciri-Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang)

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Ciri-Ciri Hewan Vertebrata| Vertebrata (hewan bertulang belakang) diklasifikasikan dengan jenis dan ciri-ciri. Ciri-ciri hewan Vertebrata adalah mencakup seluruh dari setiap klasifikasi dengan ciri-ciri yang berbeda, dengan memberikan ciri-ciri umum. Semua hewan yang memiliki tulang belakang di golongkan ke dalam filum Vertebrata. Dibandingkan dengan Avertebrata, hewan Vertebrata memiliki struktur tubuh dan organ tubuh lebih kompleks. Vertebrata tidak hanya bertulang belakang namun vertebrata memiliki rangka yang terdiri dari tulang-tulang. Filum Vertebrata diklasifikasikan dalam 5 kelas, yaitu kelas ikan (pisces), amfibi (Amphibia), reptilia (Reptilia), burung (Aves), dan Mamalia (Mammalia). 

Anggota gerak, ikan bergerak dengan sirip, amfibi dengan menggunakan empat kaki, dan burung bergerak dengan sepasang sayap dan kaki. Reptilia ada yang bergerak dengan melata, dan ada yang dengan empat kaki. Mamalia ada yang bergerak dengan empat kaki, dua kaki dan dua tangan, ada pula yang hanya mempunyai sepasang tungkai dengan yang menyerupai sirip. Penutup tubuh, Ikan mempunyai sisik yang diselaputi oleh lendir. Amfibi memiliki kulit yang basah untuk membantu pernapasan. Reptilia mempunyai kulit yang keras dengan terdiri dari zat tanduk. Sebagian reptilia mempunyai sisik. Burung mempunyai kulit yang ditutupi oleh bulu, sedangkan pada mamalia ditumbuhi oleh rambut.


Perkembangbiakan Hewan Vertebrata, Semua vertebrata berkembang biak secaraseksual. Hewan jantan mempunyai testis yang menghasilkan sperma. Hewan betina mempunyai ovarium yang menghasilkan sel telur. Bersatunya sperma dan sel telur disebut pembuahan (fertilisasi) yang menghasilkan satu zigot. Selanjutnya zigot berkembang menjadi embrio dan akhirnya menjadi individu baru. Proses pembuahan Vertebrata dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuahan diluar tubuh (fertilisasi ekternal) dan di dalam tubuh (fertilisasi internal). Pada ikan dan amfibi terjadi pembuahan di luar tubuh. Sperma dan sel telur dikeluarkan di dalam air dan pembuahan berlangsung di dalam air. Pada reptilia, burung dan mamalia terjadi pembuahan dalam tubuh. Beberapa reptilia, misalnya ular dan kadal, ada yang tidak mengeluarkan telurnya, sehingga embrio berkembang di dalam telur yang ada di tubuhnya. Ketika menetas, ular seolah-olah melahirkan anaknya. Hal yang demikian disebut perkembangbiakan dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar). Hewan yang mengeluarkan telurnya, misalnya burung, dan ikan, disebut dengan (ovipar). Pada mamalia, kuning telurnya sedikit perkembangan embrio berlangsung di dalam rahing (uterus). Setelah cukup usia, anak dilahirkan. Hewan yang melahirkan anak disebut vivipar. Peredaran Darah, Jantung ikan terdiri dari dua ruang, yaitu satu serambi dan satu bilik. amfibi tiga ruang, yaitu dua serambi dan satu bilik, reptilia empat ruang, yaitu dua serambi dan dua bilik. Jantung burung dan mamalia memiliki 4 ruang yang terpisah, dua serambi dan dua bilik. 

Ciri-Ciri Vertebrata - Vertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki ciri-ciri yang merangkul segala klasifikasi hewan vertebrata. Ciri-ciri Umum Vertebrata (Bertulang Belakang) adalah sebagai berikut....
  • Sebagian atau seluruh notokorda digantikan oleh ruas-ruas tulang belakang (kolumna vertebralis). 
  • Memiliki tengkorak atau kranium yang diisi oleh otak
  • Mempunyai endoskleton (kerangka dalam) yang tersusun atas tulang keras dan juga tulang rawan
  • Bertubuh kecil hingga besar dengan bentuk tubuh yang simetri bilateral
  • Mempunyai anggota badan dengan fungsi sebagai alat gerak seperti sirip, ekor, kaki atau tangan yang tersusun dari otot dan tulang
  • Memiliki dua pasang rahang kecuali pada Agnatha (Cyclostomata)
  • Sistem peredaran darah tertutup, yaitu dara yang mengalir di dalam pembuluh darah. Jantung terdiri atas ruangan-ruangan yang berupa bilik (ventrikel) dan serambi (atrium). Darah mengandung pigmen hemoglobin yang terdapat pada sel-sel darah merah (eritrosit). 
  • Sistem pencernaan yang lengkap, terdiri dari mulut kerongkongan, lambung usus, anus
  • Alat pernapasan yang berupa insang atau paru-paru. Pada vertebrata tingkat tinggi, celah insang hanya terdapat pada fase embrio. 
  • Mempunyai sepasang ginjal sebagai alat ekskresi
  • Memiliki alat indra yang berupa sepasang mata dan sepasang telinga. 
  • Alat kelamin terpisah atau hermafrodit; fertilisasi eksternal atau internal; dan bersifat ovipar (bertelur), ovovivipar (embrio yang berkembang di dalam telur, tetapi telur menetas didalam tubuh induk betina), atau vivipar (melahirkan anak). 
Baca Juga : 
Ciri-Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang)
Demikianlah informasi seputar Ciri-Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang). Semoga teman-teman menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa yah teman-teman untuk SHARE. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 05.44