Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 25 February 2015

Macam Teori-Teori Evolusi

Macam Teori-Teori Evolusi| Ada banyak teori-teori evolusi yang dikemukakan para ahli seperti Charles darwin, Jean Baptise Lamarck, Erasmus Darwin, Aristoteles dan masih banyak lagi teori-teori yang dikemukakan para ahli mengenai evolusi. Sebelum membahas Teori-teori evolusi, tahukah anda dengan Pengertian Evolusi ?.... Pengertian evolusi adalah perubahan suatu makhluk hidup secara bertahap-tahap dengan jangka waktu yang lama. Dalam evolusi diperlukan jutaan tahun dalam mencapai bentuk yang seperti sekarang ini.

Dapat juga dikatakan bahwa Pengertian Evolusi adalah proses pewarisan kompleks sifat suatu organisme yang mengalami perubahan dari generasi ke generasi dalam jangka waktu jutaan tahun. Tiap-tiap berasal dari makhluk hidup sebelumnya yang dapat muncul dengan variasi-variasi baru yang membuat keanekaragaman makhluk hidup dengan berbagai spesies-spesies baru. Evolusi dibedakan menjadi dua macam yaitu Evolusi progresif dan Evolusi regresif. Pengertian evolusi progresif sendiri adalah evolusi yang memungkinkan dapat bertahan hidup. Sedangkan pengertian evolusi regresif adalah evolusi yang memungkinkan terjadinya kepunahan. 

Macam Teori-Teori Evolusi - Dalam mengemukakan pendapat yang menjadikannya sebuah teori evolusi itu tidaklah sembarang dan semudah itu mengeluarkan teori-teorinya karna teori evolusi adalah sebuah fakta yang dikaji dan memiliki bukti-bukti yang dapat dipertanggung jawabkan, maka dari itu para ahli pengemuka tentang teori-teori evolusi memiliki kajian-kajian yang dapat dipertanggung jawabkan. Teori-Teori Evolusi adalah sebagai berikut... 
Teori-Teori Evolusi

1. Charles Darwin (1809-1882)
Charles darwin yang berpendapat bahwa evolusi dapat terjadi karena seleksi alam. Seleksi alam Charles Darwin merupakan didasarkan pada hasil observasi yang dibuatnya yaitu...
  • Lebih baik keturunan yang dihasilkan dari pada benar-benar mampu bertahan hidup 
  • Dalam suatu spesies tidak ada individu yang identik (sama) karna selalu terjadi variasi dan beberapa individu yang memiliki sifat-sifat yang cocok dengan kondisi lingkungan yang ada dibandingkan individu yang lainnya. 
  • Setiap populasi umumnya akan bertambah terus karna bereproduksi 
  • Pertambahan populasi dibatasi faktor-faktor pembatas yang membuat kenaikan populasi tidak berjalan mulus
  • Adanya seleksi alam yang membuat setiap individu harus beradaptasi terhadap lingkungannya, dan yang berhasil hdup akan mewariskan sifat-sifat keturunannya. 
Dalam buku "The Origins of Spesies", Charles Darwin menulis 4 pokok pikiran mengenai evolusi. Isi 4 pikiran Charles Darwin adalah sebagai berikut... 
  • Bentuk-bentuk tidaklah bersikap tetap tetapi mengalami perubahan secara bertahap dan terus menerus. 
  • Spesies-spesies yang ada sekarang merupakan hasil evolusi dari spesies-spesies yang terdahulu 
  • Spesies yang berkerabat dekat berevolusi dari keturunan yang sama 
  • Seleksi salam merupakan mekanisme untuk terjadinya evolusi
2. Jean Baptise Lamarck (1744-1829)
Menurut Lamarck, Evolusi adalah perubahan yang terjadi pada suatu individu yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang dapat diturunkan. Teori tersebut dikenal dengan Teori Lamarckisme. Contoh Teori Lamarck, Lamarck berpendapat bahwa jerapah dulunya memiliki leher pendek, namun akibat dari menggapai makanan yang ada diatas pohon yang menyebabkan leher jerapah tertarik atau teregang selama bertahun-tahun yang membuat leher jerapah menjadi panjang.

Dalam bukunya "Philosophic Zoologique" yang berisi bahwa organisme mikroskopis muncul spontan dari bahan tidak hidup yang kemudian berevolusi menjadi bentuk-bentk yang lebih kompleks. Lamarck mempercayai bahwa evolusi terjadi saat suatu organisme bagian tubuh itu berubah sepanjang hidupnya dan perubahan dapat diwariskan kepada keturunannya.

3. Erasmus Darwin (1731-1802)
Dalam bukunya yang berjudul "Zoonomia or The Laws of Organic Life, Evolusi terjadi pada sebuah makhluk hidup (Evolusi organic) termasuk manusia dan juga percaya bahwa karekteristik yang diperolah orang tua kepada keturunannya. 

4. Aristoteles (384-322 SM) 
Menurut Aristoteles, evolusi dapat terjadi yang didasarkan pada metafisika alam. Metafisika alam adalah mengubah organisme dan habitatnya dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks. 

5. William Paley (1743-1805)
Dalam bukunya "Natural Thurology" yang berpendapat bahwa kekomplex makhluk hidup merupakan bukti kerja sama sang pencipta.
Macam Teori-Teori Evolusi
"Evolusi"
Baca Juga :
Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya
Pengertian Respirasi : Apa itu Respirasi ?
Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Otot Manusia
Sistem Indra pada Hewan 
Macam-Macam Pembuluh Darah 
Metagenesis Tumbuhan Paku dan Lumut 
Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut (Bryophyta)
Tumbuhan Lumut (Bryophyta) "Artikel Lengkap"


Demikianlah uraian seputar Macam Teori-Teori Evolusi. Semoga teman-teman dapat menerima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman"

Macam Teori-Teori Evolusi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin