Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 16 February 2015

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)| Hai teman-teman. kali ini seputar ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta), sebelum itu mari kita perdalam tentang tumbuhan paku. Tumbuhan paku (fren) atau Pteridophyta. Pteridophyta berasal dari bahasa yunani yaitu "pteron" yang berarti bulu, sedangkan "Phyton" yang berarti tumbuhan. Tumbuhan Paku (Pteridophyta) adalah kelompok Plantae yang tubuhnya sudah berbentuk kormus atau sudah memiliki akar, batang dan daun sejati. Susun daun tumbuhan baku adalah menyirip seperti bulu. Reproduksi tumbuhan paku dengan spora yang disebut dengan Cormophyta berspora. Tumbuhan Paku (Pteridophyta) merupakan tumbuhan vaskuler (Tracheophyta) karena tumbuhan paku sudah memiliki pembuluh angkut xilem dan floem. Tumbuhan Paku sudah dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Pakis. Tumbuhan paku sudah lama sejak masa Karboniferus yaitu sekitar 360 juta tahun silam.

Cara Hidup dan Habitat Pteridophyta -  Tumbuhan paku adalah organisme fotoautotrof. Arti fotoautotrof adalah dapat membuat makanan sendiri dengan cara melakukan fotosintesis. Tumbuhan paku dapat tumbuhan di habitat mana pun terutama tempat yang lembab atau higrofit, di air atau hidrofit, permukaan batu, tanah, dan menempel atau epifit di kulit pohon. Contoh jenis tumbuhan paku yang tumbuh di tanah adalah Adiantum cuneatum (suplir) dan Alsophila glauca (paku tiang). Contoh Tumbuhan paku yang hidup di air adalah Azolla pinnata dan salvinia natans. Contoh tumbuhan paku menempel di pohon adalah Platycerium bifurcatum (paku tanduk rusa) dan Asplenium nidus (paku sarang burung). Tumbuhan paku akan tumbuh subuh didaerah hutan hujan tropis.

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)  - Sampailah kepada tema diatas yaitu ciri-ciri tumbuhan paku (pteridophyta). Ciri-ciri tumbuhan paku adalah sebagai berikut... 
  • Memiliki akar, batang dan daun (kormophyta berspora) 
  • Memiliki pembuluh angkut xilem dan floem
  • Tumbuhan paku memiliki ukuran tubuh yang bervariasi, dari tinggi sekitar 2 cm sampai 5 m
  • Bentuk Tubuh tumbuhan paku bervariasi seperti lembaran, perdu atau pohon seperti tanduk rusa 
  • Tumbuhan paku memiliki batang yang bercabang-cabang menggarpu atau berupa rizoma tumbuh dibawah permukaan tanah.
  • Tumbuhan paku mengalami pergiliran keturunan (metagenesis), dari generasi sporofit dan generasi gametofit. generasi sporofit adalah generasi penghasil spora dan gametofit adalah penghasil gamet 
  • Generasi sporofit memiliki hidup yang lebih lama dan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan generasi gametofit. 
  • Tumbuhan paku berhabitat darat terutama hutan hujan tropis dan ada juga sebagian di air. 
  • Kutikula berada pada bagian luas 
  • Memiliki klorofil sehingga cara hidupnya fotoautotrof. 
  • Tumbuhan paku yang masih mudah, biasanya menggulung dan bersisik 
Baca Juga : 

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)
"Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)"
Demikianlah informasi seputar Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta). Semoga teman-teman dapat menerima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Sebelum teman-teman minggat dari Artikelsiana.com ada baiknya anda SHARE atau bagikan melalui sosmed seperti gambar sosmed yang ada dibawah ini.. baik itu facebook, twitter, maupun yang lainnya agar semua orang dapat dengan mudah menemukan ciri-ciri tumbuhan paku (pteridophyta). Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin