Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 28 February 2015

Ciri-Ciri Bakteri

Ciri-Ciri Bakteri| Bakteri juga disebut dengan Eubacteria. Dalam ciri-ciri bakteri sebenarnya memiliki perbedaan diantara jenis-jenis bakteri yang ada, namun kali ini kita akan membahas Ciri-Ciri Umum Bakteri. Bakteri adalah organisme prokariota uniseluler yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Bakteri ada di sekitar kita dan dalam tubuh kita. Bakteri berasal dari istilah kata Bakterion. Bakterion adalah batang kecil. Dimana pada umumnya bakteri mempunyai dinding sel namun tidak berklorofil.

Dalam Sejarah penemuan bakteri, bakteri ditemukan oleh Antony van Leeuwenhoek yang pertama kali pada tahun 1674. Antony van Leeuwehoek adalah seorang ilmuwan yang berasal dari negera Belanda. Antony van leeuwehoek tidak hanya penemu bakteri namun juga penemu mikroskop lensa tunggal. Dalam pemberian nama bakteri adalah Ehrenberg dengan istilah bakteri yang diperkenalkan pada tahun 1828.  Ilmu yang mempelajari tentang bakteri adalah Bakteriologi. 


Ciri-Ciri Bakteri 

Ciri-Ciri Bakteri - Setelah membahas sedikit asal usul bakteri, mari kita menuju pembahasan kita yaitu Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum. Ciri-ciri bakteri adalah sebagai berikut.... 
  • Organisme prokariota (tidak memiliki membran inti sel) dan uniseluler (bersel satu) 
  • Pada umumnya bakteri berukuran sekitar 0,5 um. dan ada juga yang dapat berukuran lebih yaitu sekitar 10-100 um. Contoh bakteri berukuran besar adalah Epulopiscium fishelsoni (kurang lebih 0,5 mm), dan Thiomargarita (kurang lebih 0.75 mm),  sedangkan bakteri yang berukuran kecil adalah Mycoplasma (kurang lebih 0.12 um). 
  • Pada umumnya tidak berklorofil 
  • Bentuk-bentuk sel bervariasi seperti basil (batang), kokus (bola), spirilum (spiral), kokobasil (bulat dan batang), dan Vibrio (tanda baca koma)
  • Pada dinding sel bakteri tersusun atas mukopolisakarida dan peptidoglikan. Peptodoglikan terdiri dari polimer besar yang tersusun atas N-asetil glukosamin dan N-asetil muramat yang saling berikatan kovalen.
  • Sel bakteri memiliki kemampuan dengan dapat mensekresikan lendir ke permukaan dinding sel dalam membentuk kapsul yang berfungsi sebagai perlindungan.
  • Bakteri hidup dengan bebas atau parasit
  • Membran sitoplasma terdiri atas 8-10% fospolipid dan protein. 
  • Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, bakteri akan membentuk endospora dengan fungsi perlindungan bakteri terhadap panas dan ganguan alam 
  • Bakteri ada yang bergerak dengan flagela dan ada juga yang bergerak dengan berguling (tanpa flagela). 
  • Dalam dinding sel bakteri tidak mengandung peptidoglikan yang hidup pada lingkungan buruk (ektrim) seperti air panas, kawah, gambut. Sedangkan bakteri yang mengandung peptidoglikan adalah bakteri yang hidupnya kosmolipit. 
Baca  Juga : 
Ciri-Ciri Bakteri
"Ciri-Ciri Bakteri"
Demikianlah informasi seputar Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum. Semoga teman-teman dapat menerima dan dapat bermanfaat. Pesan buat teman-teman "Jangan lupa untuk SHARE atau bagikan melalui sosmed yang ada punya teman-teman, atau teman-teman dapat juga klik sosmed yang ada dibawah ini... agar dapat memudahkan teman-teman dalam menemukan ciri-ciri bakteri". Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Sumber : Biologi. Jilid 1 SMA Kelas X, Penulis D.R. Pratiwi, Sri Maryati, Srikini, Suhartono. Erlangga. Hal : 40-41 dan 43-44. 2006 ; Biologi. Jilid 1 SMA Kelas X kelompok peminatan dan matematika ilmu alam. Penulis Irnaningtyas, Erlangga. Hal : 122-125. 2013 ; biologipedia.blogspot.com 2010/10/ciri-ciri-bakteri;gurungeblog.com/bakteri-ciri-ciri-struktur-perkembangbiakan-bentuk-dan manfaatnya ; educorolla2.blogspot.com/ciri-ciri-bakteri

Ciri-Ciri Bakteri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin