Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi| Materi kali ini seputar virus yang disatukan dengan pengertian virus dan ciri-ciri virus. Teman-teman pasti pernah mendengar kata "virus", Dalam Pengertian virus secara umum adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Menurut para ahli biologi virus adalah peralihan antara makhluk hidup dan benda mati. Virus dikatakan peralihan karna virus mempunyai ciri-ciri seperti makhluk hidup yaitu dengan mempunyai DNA dan mampu berkembang biak pada sel hidup serta mempunyai ciri-ciri benda mati yaitu tidak mempunyai protoplasma dan mampu dikristalkan.

Virus dalam bereproduksi dengan memerlukan sel inang, sehingga virus bersifat parasit obligasi. Virus hanya memiliki salah satu macam asam nukleat (RNA atau DNA) yang diselubungi oleh pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein. Pengertian virus secara etimologi adalah kata virus berasal dari bahasa latin yaitu virion yang artinya "racun". Virus merupakan organisme subseluler karna ukurannya yang sangat kecil, dimana virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Virus berukuran lebih kecil dari pada bakteri.

Penemu-Penemu Virus - Para penemun virus yang kini menjadi secara bagi penemuan virus adalah seperti D.Iwanoski (1892) menemukan virus pada tanaman bakau, lalu berlanjut dengan M. Bejentrick (1898), dan Loffern dan Frooch (1897) yang menemukan dan memisahkan virus penyebab penyakit pada mulut dan kaki (food and mouth diseases), Reed (1900) yang berhasil menemukan virus penyebab kuning atau yellow ever, Twort dan Herelle (1917) yang menemukan bakteriofag, Wendel M Stanley (1935) yang berhasil mengkristalkan virus mosaik yang ada pada tembakau. Hal ini membuat perkembangan virus semakin berkembang sehingga melahirkan cabang ilmu biologi yang mempelajari virus yang disebut dengan virology.

Baca juga : Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen

Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi
"Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi"
Ciri-Ciri Virus
Jika dibandingkan dengan makhluk lainnya virus memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri. Ciri-ciri virus adalah sebagai berikut...
  • Virus bersifat aseluler (tidak mempunyai sel)
  • Berukuran sangat kecil atau mikroskopik yaitu sekitar 20-300 milimikron
  • Hanya hidup di dalam sel hidup 
  • Pada umumnya virus berupa hablur (krital)
  • Virus hanya dapat mampu memiliki salah satu macam dari asam nukleat RNA atau DNA saja. 
  • Tidak melakukan aktivitas metabolisme 
  • Bentuk bervariasi, mulai dari bentuk oval, silinder, polihedral, dan kompleks
  • Virus tidak bergerak, tidak membelah diri. 
  • Virus dapat dikristalkan
Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi
"Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi"
Demikianlah materi seputar "virus" dengan tema Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi, semoga teman-teman menerima artikel Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus dan dapat bermanfaat tentunya serta jangan lupa teman-teman share atau bagikan ke teman lainnya, untuk memudahkan pencarian pengertian virus dan ciri-ciri virus, dapat di share baik itu melalui facebook, twitter atau google+ . Sekian dan "Salam Berbagi Teman-Teman.  

.
Blog, Updated at: 20.15