Pengertian Permintaan, Hukum, dan Jenis-Jenisnya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Permintaan, Hukum, dan Jenis-Jenisnya  - Apakah yang dimaksud dengan permintaan ?... Pengertian Permintaan (demand) adalah jumlah barang atau jasa tertentu yang diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu dan pada situasi tertentu. Untuk lebih memahami dengan pengertian permintaan, perlunya kita mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dari konsumen. Faktor pertama adalah barang dan jasa, maksudnya, Kebutuhan konsumen pada dasarnya merupakan permintaan akan barang dan jasa yang tertentu. Faktor kedua adalah harga, maksudnya, jumlah permintaan dipengaruhi oleh naik turunnya harga suatu barang atau jasa. Jika harga suatu barang atau jasa naik, maka permintaan akan barang/jasa tersebut mengalami penurunan atau berkurang (turun), dan sebaliknya apabila harga barang atau jasa tersebut turun, maka permintaan akan barang dan jasa tersebut mengalami kenaikan atau bertambah naik (naik). Faktor ketiga adalah situasi. Dalam situasi tertentu, misalnya untuk perayaan hari raya tertentu atau pada saat persediaan di pasar menipis, konsumen bersedia membeli barang atau jasa tertentu dengan harga yang mahal. 

Hukum Permintaan- Jika kita melihat kurva permintaan yang dimana kurva permintaan dapat dianalisis lebih lanjut untuk mendapatkan norma atau hukum yang umum berlaku dalam setiap permintaan. Tapi perlu kita ketahui bahwa hukum permintaan ini berlaku hanya dalam keadaan di mana hal-hal lainnya yang memengaruhi besarnya jumlah permintaan dianggap tidak berubah atau konstan. Hal ini merupakan keadaan di dalam ilmu ekonomi disebut dengan istilah ceteris paribus. Hukum Permintaan"Jumlah barang atau jasa yang diminta akan bertambah jika turun dan akan berkurang jika harga naik pada periode tertentu". 

Jenis-Jenis Permintaan

Dilihat dari tingkat daya beli masyarakat, permintaan dapat dibagi menjadi tiga yaitu sebagai berikut... 
  • Permintaan Efektif (Efective Demand) : Pengertian permintaan efektif adalah permintaan dari konsumen atau pembeli yang disertai dengan kemampuan membayar 
  • Permintaan Potensial (Potensial Demand) : Pengertian permintaan potensial adalah permintaan atas barang dan jasa yang memiliki kemampuan untuk membeli tetapi belum melaksanakan pembelian. 
  • Permintaan Absolut (Absolut Demand) : Pengertian permintaan absolut adalah permintaan pembeli yang tidak mempunyai daya beli yang tidak disertai dengan kemampuan membayar. 
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan 

Pertambahan Penduduk : Dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka jumlah konsumen secara relatif juga akan bertambah. 
  • Meningkatnya Jumlah Pendapatan : Dengan bertambahnya jumlah pendapatan maka kebutuhan masyarakat juga akan meningkat sehingga akan meningkatkan jumlah barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. 
  • Barang Pengganti atau Subtitusi : Munculnya barang-barang penganti sebagai barang alternatif atau subtitusi membuat konsumen menentukan pilihan dalam memiliki barang dan jasa dengan selektif membelanjakan uangnya karna barang alternatif/subtitusi lebih meyakinkan. 
  • Perubahan Selera dan Tradisi Masyarakat : Perubahan selera dapat mengakibatkan perubahan permintaan, begitu juga kebiasaan masyarakat yang mampu menyebabkan berkurangnya permintaan masyarakat terhadap suatu jenis barang. 
  • Hari-hari Besar : Disaat tiba hari-hari besar seperti idul fitri, valentine, tahun baru, dan dll. akan meningkatkan jumlah permintaan suatu barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen pada hari-hari besar tersebut. Contohnya idul fitri, pada hari idul fitri akan meningkatkan jumlah permintaan akan daging, ayam, baju, dan kebutuhan lain-lainnya. 
Pengertian Permintaan, Hukum, dan Jenis-Jenisnya
"Pengertian Permintaan, Hukum, dan Jenis-Jenisnya"
Demikianlah pembahasan seputar Pengertian Permintaan, Hukum, dan Jenis-Jenisnya, semoga teman-teman menerima pembahasan tersebut baik itu pengertian permintaan, hukum permintaan dan jenis-jenis permintaan dan juga dapat bermanfaat. "Pesan Buat Teman-Teman, Sebelum meninggalkan situs tersebut ada baiknya teman-teman Share atau bagikan agar teman-teman yang lain lebih mudah mendapatkan pembahasan seputar pengertian permintaan, hukum permintaan dan jenis-jenis permintaan dimana teman-teman dapat share seperti yang ada dibawah ini..". Sekian dan Terima Kasih telah Berkunjung

.
Blog, Updated at: 03.58