Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 24 January 2015

Pengertian Masyarakat, Apa Itu ?...

Pengertian Masyarakat, Apa Itu ?..|Pasti teman-teman pusing mendefinisikan pengertian masyarakat, tentu saja. Banyak para ahli mendefinisikan pengertian masyarakat. Secara umum Pengertian Masyarakat adalah sekumpulan individu-individu yang hidup bersama, bekerja sama untuk memperoleh kepentingan bersama yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, dan adat istiadat yang ditaati dalam lingkungannya. Masyarakat berasal dari bahasa inggris yaitu "society" yang berarti "masyarakat", lalu kata society berasal dari bahasa latin yaitu "societas" yang berarti "kawan". Sedangkan masyarakat yang berasal dari bahasa arab yaitu "musyarak".

Pengertian Masyarakat - Pengertian masyarakat terbagi atas dua yaitu pengertian masyarakat dalam arti luas dan pengertian masyarakat dalam arti sempit. Pengertian Masyarakat dalam Arti Luas adalah  keseluruhan hubungan hidup bersama tanpa dengan dibatasi lingkungan, bangsa dan sebagainya. Sedangkan Pengertian Masyarakat dalam Arti Sempit adalah sekelompok individu yang dibatasi oleh golongan, bangsa, teritorial, dan lain sebagainya. Pengertian masyarakat juga dapat didefinisikan sebagai kelompok orang yang terorganisasi karena memiliki tujuan yang sama. Pengertian Masyarakat secara Sederhana adalah sekumpulan manusia yang saling berinteraksi atau bergaul dengan kepentingan yang sama. Terbentuknya masyarakat karna manusia menggunakan perasaan, pikiran dan keinginannya memberikan reaksi dalam lingkungannya.

Baca Juga : 
Pengertian Perjanjian Internasional
34 Manfaat Luar Biasa Buah Tomat
Beragam Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat
Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli - Pengertian masyarakat menurut definisi Paul B. Harton, yang mengatakan pendapatnya bahwa pengertian masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, yang hidup bersama-sama yang cukup lama, yang mendiami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu. Pengertian masyarakat menurut definisi Abdul Syani mengatakan bahwa pengertian masyarakat adalah berkumpul, bersama, hidup bersama dengan saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Pengertian masyarakat menurut definisi Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm mengatakan pendapatnya bahwa pengertian masyarakat adalah sejumlah besar orang yang tinggal dalam wilayah yang sama, relatif independen dari orang-orang di luar itu, dan memiliki budaya yang relatif sama. Pengertian masyarakat menurut definisi Soerjono Soekanto yang mengatakan bahwa pengertian masyarakat adalah proses terjadinya interaksi sosial, suatu interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi apabila tidak memenuhi dua syarat yaitu kontak sosial dan komunikasi. Pengertian masyarakat menurut definisi John J. Macionis adalah orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah wilayah tertentu dan memiliki budaya bersama. Pengertian masyarakat menurut definisi Gillin & Gillin mengatakan bahwa pengertian masyarakat adalah kelompok manusia yang mempunyai kebiasaan tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang diikat oleh bersamaan. Pengertian masyarakat menurut definisi Harton haunt adalah suatu organisasi manusia yang saling berhubungan. Pengertian masyarakat menurut Selo Sumardjan yang mengatakan bahwa pengertian masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. Pengertian masyarakat menurut Marx Weber yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian masyarakat adalah

Karakteristik Masyarakat - Masyarakat memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang membuat kita lebih mudah mengetahui arti masyarakat. Karakteristik Masyarakat adalah sebagai berikut.
  • Memiliki wilayah tertentu 
  • Dengan secara yang kolektif menghadapi atau menghindari musuh 
  • Mempunyai cara dalam berkomunikasi
  • Timbulnya diskriminasi warga masyarakat dan bukan warga masyarakat tersebut. 
  • Setiap dari anggota masyarakat dapat bereproduksi dan beraktivitas. 
Baca Juga : 
Pengertian Masyarakat, Apa Itu ?...
"Apa Itu Masyarakat ?..."
Demikianlah informasi seputar Arti Masyarakat dengan tema Pengertian masyarakat, semoga teman-teman menerima pembahasan pengertian masyarakat dengan poin-point yang telah teman-teman simak seperti diatas yaitu pengertian masyarakat secara umum, pengertian masyarakat menurut para ahli dan yang paling penting dapat bermanfaat. Pesan buat teman-teman sebelum beranjak dari situs lain, boleh enggak share dan bagikan informasi tentang pengertian masyarakat agar teman-teman mudah mendapatkannya, teman-teman bisa share baik itu melalui facebook, twitter, atau sosmed lainnya seperti yang ada dibawah ini, "Kan Enak Berbagi, dapat pahalnya juga " #Peace Sobat..."Sekian dan Terima Kasih". "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Pengertian Masyarakat, Apa Itu ?... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin