Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 10 January 2015

Pengertian Evaluasi

Pengertian Evaluasi| Teman-teman pasti sering mendengar kata "evaluasi", tapi tahukah teman-teman Apa sih itu pengertian evaluasi ?.. Ayo apa coba ?.. pasti ribet yah rangkai kata-kata buat cari pengertian evaluasi. Lihat saja pembahasan ini teman-teman. Secara umum Pengertian Evaluasi adalah suatu proses dalam menyediakan informasi untuk mengetahui sejauh mana kegiatan tersebut telah dicapai.Evaluasi mengukur suatu pekerjaan atau hal-hal yang kita lakukan, evaluasi sangat berguna atau bermanfaat karna kita dapat mengetahui tingkatan pekerjaan kita dan juga sebagai penilaian terhadap apa yang kita kerjakan atau lakukan. Pengertian Evaluasi yang lain adalah suatu proses sistematis dalam menentukan atau membuat keputusan terhadap sejauh mana program tercapai. 

Pengertian evaluasi menurut para ahli seperti Wrigstone, dkk (1956) mengatakan bahwa evaluasi adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan ke arah tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan. Sedangkan dalam perusahaan, pengertian evaluasi adalah proses pengukuran akan efektifitas strategi dalam upaya mencapai tujuan bagi perusahaan. Contohnya evaluasi proyek. Hal-hal yang dievaluasi dalam proyek adalah tujuan dan pembangunan proyek, apakah sudah tercapai atau tidak, apakah sesuai dengan rencana atau tidak, jika tidak, apa yang membuatnya tidak tercapai, apa yang harus dilakukan agar sesuai. Hasil yang ditimbulkan dari evaluasi adalah bersifat kualitatif. Adapun pengertian evaluasi juga dikemukakan oleh Sudijono (1996) yang mengatakan bahwa pengertian evaluasi adalah penafsiran atau interpretasi bersumber pada data kuantitatif, sedangkan data kuantitatif berasal dari hasil pengukuran. 

Dalam melakukan evaluasi, ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam melakukan evaluasi yang terdapat urutan atau proses yang mendasari sebelum melakukan evaluasi terbagi atas dua tahapan yaitu tahapan pertama : dengan mengembangkan konsep dan mengadakan penelitian lebih awal. konsep direncanakan dengan matang sebelum diadakannya dan harus diuji coba dalam mengecek draft yang dibuat dengan eksekusi pesannya, sedangkan tahapan kedua : melakukan uji coba, mencari tanggapan atau masukan, untuk mengukur efektifitas pesan yang disampaikan.

Pengertian Evaluasi
"Pengertian Evaluasi"
Proses evaluasi memiliki tahapan-tahapan, walaupun tahapan setiap objek evaluasi berbeda-beda namun tidak menghilangkan fungsi dari evaluasi itu sendiri. Tahapan-Tahapan Evaluasi secara umum adalah.. 
  • Menentukan topik evaluasi :  dalam mengevaluasi tentukan topik atau apa yang akan kita evaluasi baik itu suatu program kerja, atau hasil kerja. 
  • Merancang kegiatan evaluasi : sebelum melakukan evaluasi, sebaiknya merancang (desain) kegiatan-kegiatan evaluasi agar tidak ada yang kita lewatkan dalam evaluasi nantinya. 
  • Pengumpulan data : Setelah merancang (desain) kegiatan, lakukanlah pengumpulan data sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam kegiatan evaluasi berdasarkan kaidah-kaidah ilmia
  • Pengolahan dan analisis data : Setelah data telah terkumpul, selanjutnya data tersebut diolah dengan mengelompokkan agar mudah dianalisis, dan sediakan tolak ukur waktunya sebagai hasil dari evaluasi. 
  • Pelaporan hasil evaluasi : Hasil evaluasi harus diketahui oleh setiap orang-orang yang berkepentingan agar mengetahui hasil-hasil yang telah dia kerjakan. 
Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Evaluasi semoga teman-teman menerima dan bermanfaat dengan poin-point seputar pengertian evaluasi secara umum, dan pengertian evaluasi menurut beberapa ahli, serta tahapan-tahapan evaluasi. Sekian dan terima kasih. kami Akhiri. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Pengertian Evaluasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin