Tahap-Tahap Proses Sosialisasi

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Tahap-Tahap Proses Sosialisasi| Proses sosialisasi terjadi dengan beberapa tahap atau langkah-langkah yang.Penyesuaian diri terjadi secara berangsur-angsur, seiring dengan perluasan dan pertumbuhan pengetahuan serta penerimaan individu terhadap nilai dan norma yang terdapat dalam lingkungan masyarakat tempat dia berada. Perubahan lingkungan dapat menyebabkan terjadinya perubahan perilaku dan tindakan seseorang karena telah terjadi penerapan nilai dan norma yang berbeda dari nilai dan norma yang dia miliki sebelumnya. Aneka nilai dan norma itu diserap manusia melalui sosialisasi.

Tahap-Tahap Proses Sosialisasi

Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peran (role theory) karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. George Herbert Mead berpendapat bahwa sosialisasi yang dilalui seseorang dapat dibedakan melalui tahap-tahap sebagai berikut....

Tahap-Tahap Proses Sosialisasi
a. Tahap Persiapan (Prepatory Stage)
Tahap persiapan adalah tahap dialami sejak manusia dilahirkan artinya seseorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, dan memperoleh pemahaman tentang diri sendiri. Pada tahap ini, anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna.

Contoh : 
Kata "makan" yang diajarkan ibu kepada anaknya yang masih balita diucapkan "mam". Makna kata tersebut juga belum dipahami secara tepat oleh anak. Lama-kelamaan anak memahami secara tepat makna kata makan dengan kenyataan yang dialaminya. 

b. Tahap Meniru (Play Stage)
Tahap meniru adalah tahap meniru ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran tentang nama diri dan siapa orang tuanya, saudaranya, dan sebagainya. Anak mulai menyadari tentang apa yang dilakukan seorang ibu dan apa yang diharapkan seorang ibu dari anaknya. 

c. Tahap Persiapan Bertindak (Game Stage)
Tahap persiapan adalah peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Kemampuannya menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama. 

d. Tahap Peneriman Norma Kolektif (Generalized Stage/Other)
Tahap penerimaan adalah tahap dimana seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada masyarakat secara laus.. Dengan kata lain, dia dapat bertenggang rasa, tidak hanya dengan orang yang berinteraksi dengannya, tetapi juga dengan masyarakat secara luas. 

Sekian pembahasan tentang Tahap-Tahap Proses Sosialisasi dan lihat juga beraneka ragam artikel di Artikelsiana.com. Semoga Tahap-Tahap Proses Sosialisasi dapat teman-teman terima dan bermanfaat.Aminn...

.
Blog, Updated at: 02.10