Pengertian Revolusi Bumi: Apa itu Revolusi Bumi ?..

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Revolusi Bumi: Apa itu Revolusi Bumi ?...|Revolusi bumi adalah gerakan peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi terjadi akibat gaya tarik-menarik antara Matahari dengan Bumi. Bumi mengelilingi Matahari selama 3651/4 hari atau sama dengan satu tahun. Gerakan ini juga terjadi pada planet-planet lain anggota tata surya. Bumi berevolusi dari barat ke timur dari sudut kemiringan 66,5 derajat terhadap bidang ekliptika dengan arah kemiringan yang tetap. Beberapa peristiwa yang terjadi akibat revolusi bumi antara lain adalah sebagai berikut..

1. Perbedaan lamanya siang dan malam
Pergeseran garis edar matahari akan mengakibatkan perubahan atau perbedaan lamanya siang dan malam. Pada saat-saat tertentu, di tempat tertentu akan mengalami malam yang lebih panjang dibanding siang, sebaliknya, saat yang lain siang lebih lama dari malam. Di kutup Utara malam hari dapat berlangsung selama 24 jam, sebaliknya pada saat yang sama di kutup selatan siang hari berlangsung selama 24 jam. 

2. Pergantian musim
Pergeseran garis edar matahari juga mengakibatkan perubahan musim. Didaerah tropis (terletak antara 23,5 ° LU- 23,5°  LS) secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2 musim, yaitu musim kemarau yang kering dan musim penghujan yang basah. Adapun di daerah subtropis (terletak antara 23,5° LU/LS-40° LU/LS) dapat dibedakan menjadi 4 musim, yakni musim semi, musim hujan dan musim panas, serta musim gugur.
 
Apa itu Revolusi Bumi ?..
Apa itu Revolusi Bumi ?..
Demikianlah pembahasan Pengertian Revolusi Bumi: Apa itu Revolusi Bumi ?.. semoga teman-teman dapat menerima pembahasan Apa itu Revolusi Bumi ?..dan dapat bermanfaat pastinya

.
Blog, Updated at: 07.15