Pergerakan Lempeng Transform, Apa itu ?...

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pergerakan Lempeng Transform, Apa itu ?..| Pengertian pergerakan lempeng transform adalah pertemuan antara dua lempeng tektonik yang bergerak secara horisontal dan berlawanan arahnya. Pada proses ini tidak terjadi pembentukan lapisan baru atau terjadinya penyusupan yang dilakukan oleh salah satu lempeng terhadap lainnya. Contohnya Mid-Ocean Ridges dan patahan San Andreas di California. Selain teori lempeng tektonik, permukaan bumi juga berubah disebabkan karena tenaga geologi yang terdiri atas tenaga endogen dan eksogen.

a). Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi yang memiliki sifat membangun, yaitu sebagai berikut. 
  • Tektonisme, perubahan letak lapisan kulit bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen dengan arah horizontal dan vertikal. 
  • Vulkanisme, gerakan magma dari dalam bumi, terdiri atas intrusi (tidak sampai ke permukaan bumi) dan ekstrusi (sampai ke permukaan bumi). 
  • Gempa bumi, getaran kulit bumi yang disebabkan oleh kekuatan dari patahan bumi. Dibedakan menjadi gempa tektonik (retakan atau patahan), gempa vulkanik, dan gempa runtuhan. 

b. Tenaga Eksogen, merupakan tenaga berasal dari luar bumi yang bersifat merombak relief permukaan. Tenaga eksogen meliputi erosi (pengikisan) dan sedimentasi (pengendapan). 

Demikianlah pembahasan Pergerakan Lempeng Transform, Apa itu ?..., semoga pada pembahasan ini teman-teman dapat menerima dan dapat berguna. Amin

.
Blog, Updated at: 19.06