Pengertian Pembuahan : Apa itu Pembuahan ?.

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Pembuahan : Apa itu Pembuahan ?..| Pembuahan atau fertilisasi. Pembuahan terjadi pada ovum dalam pengertian pembuahan, pembuahan adalah peristiwa bersatunya inti sel sperma dengan ovum. Peristiwa ini berlangsung di dalam kandung lembaga dalam bakal biji. Pembuahan dapat juga diartikan sebagai bersatunya sperma dan ovum. Proses pembuahan merupakan proses yang rumit, yaitu sebagai berikut Serbuk sari pada tumbuhan biji tertutup menempel di kepala putik tumbuh membentuk pembuluh serbuk sari (tabung serbuk sari). putik, membentuk saluran menuju ke bakal buah yang mengandung bakal biji. Di dalam pembuluh serbuk sari terdapat dua inti generatif dan satu inti vegetatif yang berasal dari pembelahan inti serbuk sari. 

Pengertian Pembuahan : Apa itu Pembuahan ?.

Dua inti generatif itu disebut inti sperma pertama dan inti sperma kedua. Inti sperma pertama dan kedua bergerak menuju bakal biji. Di dalam kandung lembaga terdapat inti sel telur dan inti kandung lembaga sekunder atau biasa dikatakan dengan inti polar. Inti sperma yang pertama masuk melalui liang bakal biji (mikropil) menuju ke inti sel telur. Inti sperma pertama akan melebur dengan inti sel telur, ini dikatakan sebagai pembuahan pertamaHasil peleburan inti sperma pertama dengan sel telur adalah zigot. Zigot akan tumbuh menjadi lembaga atau embrio atau calon tumbuhan baru. Inti sperma kedua terus masuk menuju ke sebelah dalam, kemudian melebur dengan inti kandung lembaga sekunder. Hal ini disebut pembuahan kedua.  Hasil peleburan inti sperma kedua dengan inti kandung lembaga sekunder akan membentuk putih lembaga dalam (endosperma). Endosperma merupakan cadangan makanan untuk calon tumbuhan baru. Jadi, pada tumbuhan biji tertutup terjadi pembuahan dua kali sehingga disebut pembuahan ganda.

Jenis-Jenis Pembuahan
Pembuahan terbagi atas dua yakni pembuahan diluar tubuh (fertilisasi eksternal) dan pembuahan di dalam tubuh (fertilisasi internal)

a. Pembuahan diluar tubuh (Fertilisasi eksternal) adalah proses pembuahan ovum oleh sel sperma yang pembuahannya terjadi di luar tubuh organisme tersebut. Contohnya katak dan ikan. 
b. Pembuahan didalam tubuh (Fertilisasi internal) adalah proses pembuahan ovum oleh sel sperma yang pembuahannya terjadi di dalam tubuh organisme tersebut. pembuahan ini berfungsi untuk menghindarkan gangguan dari luar dan pembuahan internal ini tersimpan di dalam rahim. 


Sekian pembahasan Pengertian Pembuahan : Apa itu Pembuahan ?. dan lihat juga berbagai macam-macam artikel bermanfaat di Artikelsiana.com. Semoga artikel tentang Pengertian Pembuahan : Apa itu Pembuahan ?. bermanfaat.

.
Blog, Updated at: 01.02