Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas| Hadas terdiri atas hadas besar dan hadas kecil dan cara menyucikannya. Dalam pengertian hadas menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian hadas adalah keluarnya sesuatu benda dari kubul dan dubur. Hadas dilakukan untuk menyucikan diri kita. Hadas merupakan bagian dari taharah (bersuci) dimana taharah terbagi atas dua yakni najis dan hadas. Sebelumnya telah dibahas pengertian najis dan macam-macam najis. Setelah membahas pengertian hadas, selanjutnya akan dibahas macam-macam atau jenis-jenis hadas yang dapat teman-teman lihat seperti yang ada dibawah ini..

Macam-Macam Hadas
Seperti pembahasan diatas bahwa dalam macam-macam hadas terbagi atas dua yakni hadas besar dan hadas kecil, antara lain sebagai berikut..
  • Hadas Besar : Hadas besar adalah hadas yang terdiri atas air mani, haid (menstruasi), nifas (mengeluarkan darah sesudah bersalin), dan wiladah atau melahirkan. Cara menyucikannya dengan mandi atau tayamum apabila tidak ada air. 
  • Hadas Kecil   :  Hadas kecil adalah hadas yang mencakup keluarnya sesuatu dari dua jalan (dubur dan kubul), hilangnya kesadaran karena mabuk atau pingsan, tidur nyenyak, kecuali tidur sambil duduk, dan menyentuh kemaluan dan dubur dengan telapak tangan. Cara menyucikannya dengan berwudu atau tayamum. 
Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas
(Berwudhu dapat menyucikan diri)
Sekian pembahasan tentang Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas dan lihat juga beraneka ragam artikel-artikel menarik di Artikelsiana.com, semoga artikel pembahasan kali ini yakni Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas dapat bermanfaat bagi kita semua. 

.
Blog, Updated at: 01.53