Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar| Hai teman-tema kali ini seputar pengertian akar, fungsi akar, sifat dan bagian-bagian akar. Semua orang pasti tahu dan pernah melihat akar. Yah tentu saja akar tumbuh. Akar memiliki bagian-bagian yang dari setiap bagian tersebut memiliki fungsi tersendiri tetapi saling berhubunga. Tetapi sebelum itu tahuka teman-teman pengertian akar itu sendiri ?... Pengertian akar adalah bagian tumbuhan yang tumbuh ke bawah dalam tanah atau air dengan fungsi utama untuk menyerap air dan mineral. Sel akar berbeda dengan sel batang dan daun. 

 Fungsi Akar
Secara umum, semua akar berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tumbuhan serta menyerak air dan garam-garam mineral dari tanah. Beberapa jenis tumbuhan menggunakan akar sebagai alat bantu pernapasan berupa akar napas, akar lutut, akar udara, atau akar gantung. Tumbuhan rawa-rawa yang hidup di tanah basah mengandung sedikit oksigen (O2) mempunyai akar napas yang mencuat tegak lurus ke permukaan tanah untuk mendapatkan oksigen. Tumbuhan bakau yang tumbuh di daerah pasang surut memiliki akar lutut yang tumbuh ke udara lalu membengkok dan masuk lagi ke dalam tanah. Anggrek memiliki akar udara yang berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara. 

Beberapa jenis tumbuhan menggunakan akar untuk menyimpan cadangan makanan, misalnya ketelah pohon, wortel, bengkuang, dan bit. Bagian akar yang mampu menyimpan cadangan makanan, yaitu akar pokok, akar cabang, atau hipokotil. Akar benalu berfungsi sebagai alat penghisap (haustorium) untuk menyerap air dan mineral dari tumbuhan inang. Tumbuhan epifit, misalnya vanili, memiliki akar pembelit untuk memanjat tumbuhan inang dengan cara memeluk batangnya. Akar tumbuhan sukun dan kersen juga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Pada akar tumbuh tunas yang tegak lurus ke permukaan tanah. Tunas tersebut dinamakan tunas liar (tunas adventif). 

Kesimpulannya : Fungsi Akar Tumbuhan 

  • Menyerap Air dan Zat hara 
  • Berfungsi sebagai alat penyokong tumbuhan 
  • Sebagai Alat dalam pernapasan tumbuhan 
  • Untuk menyimpan cadangan makanan
  • Sebagai wadah dalam melekatnya tumbuhan ke tanah 
  • Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif 
Sifat-Sifat Akar
Akar merupakan bagian tumbuhan di dalam tanah yang dapat terus menerus tumbuh. Arah gerak pertumbuhannya dipengaruhi oleh gravitasi (geotropi) atau oleh air (hidrotropi). Akar dapat tumbuh menembus tanah karena mempunyai ujung yang berbentuk runcing. Pada akar tidak dijumpa buku-buku yang membentuk ruas-ruas. Akar umumnya berwarna pucat dan tidak berklorofil sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis. 
Bagian-Bagian Akar 
Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian AkarBagian-bagian akar dapat dibedakan menjadi tiga antara lain sebagai berikut...
  • Pangkal Akar : Pangkal akar atau leher akar merupakan perbatasan antara bagian akar dan bagian batang. 
  • Batang Akar : Batang akar adalah bagian antara pangkal akar dan ujung akar, serta dibagian batang akar terdapat cabang-cabang akar yang masing-masing memiliki cabang-cabang lebih kecil. Cabang akar halus disebut serabut akar. 
  • Ujung Akar : Ujung akar adalah bagian akar paling muda dan terus-menerus mengalami pertumbuhan, serta bagian paling ujung akar terdapat tudung akar (kaliptra). yang berfungsi melindungi ujung akar yang masih mudah dan lemah
Sekian artikel tentang Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar, teman-teman boleh lihat artikel-artikellainnya di Artikelsiana.com. Semoga pembahasan tentang Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar bermanfaat. Amin 

.
Blog, Updated at: 19.14