Pengertian Ekspor : Apa itu Ekspor ??...

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Ekspor : Apa itu Ekspor ??..|Hai teman-teman kali ini membahas pengertian ekspor dan menjelaskan semua tentang ekspor. Pengertian ekspor adalah kegiatan mengirimkan atau memperdagangkan barang atau jasa keluar negeri dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Orang yang melakukan kegiatan ekspor atau badan yang melakukan kegiatan ekspor dikatakan eksportir. Dalam kegiatan ekspor ini suatu negara yang akan memperoleh devisa (alat pembayaran luar negeri) yang sangat diperlukan untuk membiayai proses pembangunan bangsa. Kegiatan ekspor bagi negara seperti Indonesia memegang peranan yang cukup penting dalam rangka pengendalian inflasi dan mendorong produksi dalam negeri, khususnya yang akan diekspor. 
Pengertian Ekspor : Apa itu Ekspor ??.....

Negara pada umumnya akan sangat mendorong agar diekspor bisa meningkat. Banyak cara atau kebijakan yang ditempuh oleh suatu negara dalam rangka mendorong ekspor antara lain :
  • Perbaikan atau rehabilitasi kapasitas produksi, terutama komoditi ekspor. 
  • Diversifikasi dalam komposisi ekspor, yakni mengadakan perubahan-perubahan susunan barang-barang ekspor dengan jalan meningkatkan barang-barang ekspor lama ataupun menambah jenis hasil ekspor baru. 
  • Peningkatan mutu barang yang akan diekspor sehingga menambah nilai. 
  • Perluasan daerah pemasaran di luar negeri. 
  • Memperkuat lembaga-lembaga pemasaran seperti penyempurnaan tata niaga komoditi ekspor non migas. 
  • Pengolahan dan perbaikan pola pemasaran hasil produksinya.
Untuk menunjang pelaksanaan kebijakan-kebijakan diatas pemerintah telah mengeluarkan banyak ketentuan-ketentuan mengenai devisa, pungutan ekspor dan impor, pajak penyederhanaan prosedur dan lainnya. Di sisi lain pemerintah juga berusaha untuk menurunkan biaya dan menjaga kualitas, untuk mendorong daya saing di pasaran dunia. Pemerintah telah membentuk suatu lembaga yaitu Lembaga Pengembangan Ekspor Nasional (LPEN) yang kemudian diubah namanya menjadi Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) yang bertugas memberikan pengarahan dan penerangan para eksportir tentang keadaan pasaran di luar negeri mengenai barang-barang ekspor indonesia.

Suatu kegiatan ekspor dapat berkembang jika barang-barang yang diekspor adalah barang-barang yang laku di luar negeri serta mendatangkan keuntungan bagi yang menjual (eksportir). Disisi lain kegiatan ekspor juga harus mendatangkan manfaat bagi si pembeli (importir). Untuk indonesia contoh barang yang banyak diekspor Indonesia sebagai berikut..
  • Hasil pertanian/perkebunan dan hasil laut meliputi : karet, kopra, coklat/kakao, lada, kopi, tembakau, teh, udang, teh, kopi, ikan tuna dan lainnya. 
  • Hasil industri meliputi: kayu lapis, kayu gergajian/olahan, timah, alumunium, tekstil, karet olahan, minyak kelapa sawit, semen, meubei (rotan, kayu bambu), bahan kimia, alat-alat listrik, kulit/barang dari kulit dan lainnya. 
  • Hasil tambang nonmigas meliputi: biji tembaga, bijih nikel, bauksit, biji timah, batubara. 
  • Hasil hutan meliputi: kayu, rotan, kemenyan, dan damar.
Sekian pembahasan Pengertian Ekspor : Apa itu Ekspor ??.....dan lihat juga berbagai macam-macam artikel tentang di Artikelsiana.com. Semoga artikel tentang Pengertian Ekspor : Apa itu Ekspor ??..... bermanfaat. Amin

.
Blog, Updated at: 23.05