Pengertian dan Jenis-jenis Derivatif

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian dan Jenis-jenis Derivatif   | Hai teman-teman, pembahasan kali ini seputar pengertian derivatif, jenis derivatif dan manfaat derivatif. Pengertian derivatif menurut definisi para ahli/pakar mengenai pengertian derivatif adalah kontrak yang bersifat bilateral atau perjanjian dalam penukaran pembayaran dengan penurunan nilai yang berasal dari produk turunan. Derivatif terdiri atas efek yang diturunkan dari instrumen efek lain yang disebut "underlying". Ada beberapa macam instrumen derivatif di Indonesia, seperti bukti right, waran dan kontrak berjangka. Derivatif merupakan instrumen yang sangat berisiko jika tidak dpergunakan secara hati-hati.. 

Pengertian dan Jenis-jenis Derivatif

Jenis-Jenis Derivatif 
a. Bukti Right
Definsi bukti Right (right issued) adalah proses penerbitan saham baru, dimana hak yang melekat untuk memesan saham batu tersebut terlebih dahulu diberikan kepada pemegang saham lama. Dalam undang-undang pasar modal, bukti rigth didefinisikan sebagai hak memesan efek terlebih dahulu pada harga yang telah ditetapkan selama periode tertentu. Bukti right diterbitkan pada penawaran umum terbatas (Right Issue), di mana saham baru ditawarkan pertama kali kepada pemegang saham lama. Bukti right juga dapat diperdagangkan di pasar sekunder selama periode tertentu. 

b. Waran 
Definis waran (Warrant) adalah hak membeli saham biasa pada waktu dan harga yang sudah ditentukan, biasanya hak waran dijual persamaan dengan surat berharga lain (misal obligasi), dan berfungsi sevagai daya tarik bagi pembeli obligasi. Oleh karena itu, waran biasanya melekat sebagai daya tarik (sweetener) pada penawaran umum saham ataupun obligasi. Biasanya harga pelaksanaan lebih rendah daripada harga pasar saham. 

c. Kontrak Berjangka Indeks Saham
Kontrak berjangka indeks saham adalah sebuah kontrak atau perjanjian bilateral atau antara kedua pihak yang  diharuskan dalam menjual atau membeli produksi yang variabel pokok pada masa akan datang yang harganya telah ditentukan. 

Sekian pembahasan tentang Pengertian dan Jenis-jenis Derivatif dan lihat juga berbagai macam-macam artikel bermanfaat di Artikelsiana.com. Semoga artikel Pengertian dan Jenis-jenis Derivatif  dapat teman-teman terima dan dapat bermanfaat. 

.
Blog, Updated at: 19.28