Pengertian dan Definisi : Pengertian Iman Kepada Allah swt

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian dan Definisi : Pengertian Iman Kepada Allah swt| Iman merupakan pondasi dari keyakinan kita kepada Allah swt. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum memahami pengertian iman itu sendiri. Banyak orang mudah mengucapkan iman, namun belum mengerti makna dan arti iman yang sebenarnya. Tidak aneh jika banyak orang yang mengartikan iman sesuai dengan pengertiannya sendiri, bahkan kadang-kadang dapat keliru dan bertentangan dengan maksud serta tujuan iman yang sebenarnya. Pengertian Iman kepada Allah swt : Iman menurut bahasa berarti percaya. Iman menurut istilah artinya percaya dalam hati, diikrarkan dengan lisan, dan diamalkan atau ditunjukkan dengan amal perbuatan, jadi Pengertian Iman Kepada Allah swt adalah percaya dengan yakin dalam hati adanya Allah swt ditunjukkan dengan ucapan, dan dilaksanakan dengan amal perbuatan.


Membuktikan adanya Allah swt. sudah barang tentu tidak akan sama dengan membuktikan adanya berbagai benda di sekitar kita. Adanya (wujud) benda dapat dibuktikan dengan alat indra manusia sehingga dapat dilihat, diraba, dan didengar. Akan tetapi, wujud Allah swt. sangat berbeda, tidak dapat dilihat, diraba, dan didengar langsung melalui pancaindra. 

Sebagai Firman Allah swt. berikut ini..

Pengertian dan Definisi : Pengertian Iman Kepada Allah swt
Artinya :
Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (Q.S. An-Nisa :136)

Makna Ayat diatas
Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang beriman adalah oarng yang percaya Allah swt., malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, kitab-kitab-Nya, takdir-Nya, dan hari akhir. 

Orang yang tidak percaya kepada Allah swt.,Malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, kitab-Nya, takdir-Nya dan hari akhir disebut orang kafir. 

Sekian artikel tentang Pengertian dan Definisi : Pengertian Iman Kepada Allah swt semoga bermanfaat. 

.
Blog, Updated at: 01.39