Mengenal Manfaat Perdagangan Internasional

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Perdagangan Internasional| Perdagangan internasional memiliki manfaat-manfaat khususnya bagi perekonomian negara. Dilihat dari keuntungan perdagangan internasional ini dapat dikatakan sangat baik karna memberikan dampak-dampak dari munculnya perdagangan internasional seperti bagi sektor-sektor pertumpuan negara, seperti perikanan, pertanian, perindustrian, dll. Pada pembahasan sebelumnya, telah dibahas faktor-faktor pendorong perdagangan internasional. sehingga tak akan timbul lagi pertanyaan bahwa mengapa perdagangan internasional dapat terjadi ?.. Itu terjawabkan dengan melihat faktor-faktor pendorong perdagangan internasional. Manfaat Perdagangan Internasional dapat dilihat dibawah ini...

Manfaat Perdagangan Internasional
a. Sebagai Sumber Devisa
Dengan melakukan kegiatan ekspor maka negara akan memperoleh devisa. Devisa digunakan sebagai alat pembayaran internasional yang bisa berbentuk mata uang asing, emas, wesel, cek dan surat berharga lainnya. Kemudian dari devisa ini digunakan oleh negara untuk membayar impor atau utang luar negeri. 

b. Menjaga Stabilitas Harga
Permintaan pasar yang tidak didukung oleh jumlah/stok barang yang tersedia akan menyebabkan terjadinya kenaikan harga. Agar tidak terajdi kenaikan harga secara terus menerus maka pemerintah dapat memenuhi jumlah stok barang yang tersedia dengan cara melakukan impor barang yang sama sehingga harga dapat stabil kembali.

c. Memperluas Lapangan Kerja
Adanya peningkatan permintaan barang dari luar negeri akan mendorong pengusaha dalam negeri untuk membuka perusahaan baru dan secara otomatis akan membuka lapangan kerja baru. 

d. Mendorong Transfer Teknologi
Adanya barang-barang impor yang berteknologi tinggi mengharuskan masyarakat kita untuk bisa memahami dan mampu mengoperasikan. Hal demikian inilah yang akan mendorong terjadinya transfer teknologi. 

e. Memperluas Konsumsi
Adanya perdagangan internasional menyebabkan negara yang tidak mampu memproduksi suatu barang tertentu bisa menikmati/mengonsumsinya. Misalnya buah kurma hanya dapat tumbuh di negara Timur Tengah, Setelah adanya perdagangan internasional maka masyarakat di belahan bumi manapun bisa mengonsumsinya. 

Sekian artikel tentang Manfaat Perdagangan Internasional semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 01.58