Mengenal Keuntungan dan Kerugian Pasar Modal

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Mengenal Keuntungan dan Kerugian Pasar Modal| Pasar modal memiliki keuntungan dan kerugian atau dampak positif dan dampak negatif dari adanya pasar modal atau biasa juga dikatakan kelebihan dan kelemahan pasar modal, karna begitu besar manfaat dari pasar modal pasti memiliki kelemahan dari pasar modal karna setiap keputusan atau sesuatu tak ada yang sepenuhnya tak memiliki kerugian atau kelemahan. Sebelumnya telah dibahas pengertian dan fungsi pasar modal itu sendiri. Dalam mengenal keuntungan dan kerugian dari pasar modal, kita dapat menarik kesimpulan bahwa keuntungan lebih besar dari kerugian pasar modal atau sebaliknya kerugian lebih besar dari pada keuntungan pasar modal. Pasar modal digerakkan yang dikenal dengan pelaku pasar modal. Kita dapat menyimpulkan hal tersebut dengan melihat keuntungan dan kerugian atau dampak positif dan dampak negatif dari pasar modal seperti yang ada dibawah ini...

Mengenal Keuntungan dan Kerugian Pasar Modal 

1. Keuntungan/Kelebihan Positif Pasar Modal
Keberadaan pasar modal menimbulkan keuntungan sebagai berikut...
  • Bagi pihak yang kelebihan dana dapat sebagai alternatif menanamkan dana di luar sistem perbankan yang menjanjikan tingkat keuntungan yang lebih besar walaupun risikonya juga lebih besar.
  • Bagi  pihak yang butuh dana besar pasar modal dianggap sebagai sumber alternatif pembiayaan yang murah seperti saham tidak ada jatuh tempo dan tidak perlu membayar bunga yang rutin seperti pinjaman dari dunia perbankan.
  • Dapat dijadikan sebagai sumber penggalangan dana yang relatif besar bahkan bisa dari luar negeri, seperti PT Telkom yang sudah go internasional.
  • Salah satu bentuk investasi yang mempunyai likuiditas tinggi karena mudah berpindah dari satu investasi ke investasi lainnya atau mudah dijadikan uang lagi. 
2. Kerugian/Kelemahan Pasar Modal
Keberadaan pasar modal tidak hanya menimbulkan keuntungan/kelebihan tetapi juga menimbulkan kekurangan/kelemahan sebagai berikut..
  • Pasar modal sangat rentan/mudah terpengaruh peristiwa-peristiwa diluar ekonomi, seperti politik, keamanan dan lainnya
  • Mobilitas modal yang masuk ke dalam negeri maupun yang keluar negeri menjadi sulit dikendalikan
Dari pembahasan Keuntungan dan Kerugian Pasar Modal dapat disimpulkan bahwa keuntungan pasar modal lebih banyak dan lebih besar dari pada kerugian pasar modal, dan kerugian dari pasar modal ini tidaklah sangat penting dan tak ada kerugian yang sangat beresiko bagi usaha/perusahaan. 

Mengenal Keuntungan dan Kerugian Pasar Modal
Sekian artikel tentang Mengenal Keuntungan dan Kerugian Pasar Modal  semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 18.41