Kebijakan Perdagangan Bebas

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Kebijakan Perdagangan Bebas| Terdapat berbagai manfaat dalam perdagangan bebas dan kerugiannya yang memiliki arti tersendiri. Kebijakan perdagangan bebas adalah kebijakan perdagangan yang menginginkan adanya kebebasan dalam perdagangan, sehingga tidak ada rintangan yang menghalangi arus produk dari dan keluar negeri. Kebijakan perdagangan ini berkembang seiring dengan adanya arus globalisasi di mana antara negara satu dengan negara lain dalam kehidupannya lebih transparan tidak terbatasi oleh batas-batas teritorial tiap-tiap negara. Karena dalam perdagangan bebas, tidak ada rintangan maka harga produk ditentukan oleh kekuatan pasar (permintaan dan penawaran) sesuai dengan hukum ekonomi. 

Manfaat dari perdagangan bebas menurut teori klasik adalah sebagai berikut..
  • Dapat mendorong persaingan antarapengusaha, sehingga nantinya akan tercipta kualitas produk dengan dasar teknologi tinggi. 
  • Mendorong terjadinya efisiensi daya (cost) sehingga mampu menghasilkan produk dengan harga yang mampu bersaing. 
  • Meningkatkan mobilitas modal, tenaga ahli dan investasi (faktor produksi) ke berbagai negara sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi. 
  • Meningkatkan perolehan laba sehingga memungkinkan para penguasa berinvestasi lebih luas. 
  • Konsumen dapat lebih bebas dalam menentukan variasi dan pilihan produk yang diinginkan. 


Saat ini perdagangan bebas belum berlaku secara menyeluruh dan masih terbatas pada kawasan-kawasan tertentu saja karena masih adanya keterbatasan pada permasalahan kebijakan tarif, kuota, diskriminasi harga dan lain-lainnya dengan demikian hanya berlaku bagi negara yang masih termasuk dalam kawasan tersebut. 
Kebijakan Perdagangan Bebas
Sekian artikel Kebijakan Perdagangan Bebas semoga bermanfaat dan lihat juga artikel-artikel lainnya di Artikelsiana.com 

.
Blog, Updated at: 06.49