Hambatan Dalam Perdagangan Internasional

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Hambatan Dalam Perdagangan Internasional| Terdapat berbagai hambatan dalam berlangsung dan terjadinya perdagangan internasional. Jika dilihat dari manfaat perdagangan internasional itu tak luput dari hambatan-hambatan sehingga banyak perdagangan internasional tak terjadi karna hal tersebut. Banyak yang membuat perdagangan internasional semakin digarungi oleh negara-negara terlihat dari dampak positif perdagangan internasional itu sendiri yang jika dibandingkan dengan dampak negatif dari perdagangan internasional itu sendiri, perbedaannya terlihat bahwa dampak positif lebih menguntungkan ketimbang dengan dampak negatif, yang tak terlalu merugikan. Perdagangan Internasional memiliki banyak manfaat, namun dalam pelaksanaannya tidak lepas dari hambatan. Adapun hambatan dalam perdagangan internasional antara lain : 

Hambatan Dalam Perdagangan Internasional
a. Kebijakan Proteksionisme
Kebijakan proteksionisme adalah suatu kebijakan yang diarahkan untuk melindungi produsen yang berada didalam negeri itu sendiri. Kebijakan ini sebenarnya sah-sah saja kalau bertujuan untuk melindungi industri dalam negeri yang masih baru (infant industry) dan memang butuh perlindungan. Kebijakan kurang tetap jika hanya sekedar melindungi produsen dalam negeri yang cenderung kurang efisien dan kalah bersaing dengan produk-produk impor yang biasanya harganya lebih rendah dengan mutu yang lebih baik.

b. Prosedur Perdagangan Internasional yang Rumi dan Berbelit-Belit
Perdagangan internasional harus melalui prosedur/proses yang rumit dan berbelit-belit mulai dari proses perizinannya, pemeriksaan, pengepakan, pengiriman, dan terakhir sampai penerimaan oleh negara yang pengimpor. Rumitnya prosedur tersebut menjadikan tidak semua pengusaha/pedagang mampu menjadi pelaku dalam perdagangan internasional. 

c. Produk yang Tidak Memenuhi Standar Mutu Internasional
Produk yang dapat masuk di pasaran internasional biasanya dituntut untuk dapat memenuhi standar kualitas. Kenyataannya masih banyak produk yang dihasilkan suatu negara belum mampu memenuhi standar kualitas, dikarenakan kurangnya peralatan, teknologi, maupun juga tenaga ahli. Beberapa standar mutu yang ditentukan dalam perdagangan internasional yaitu dengan memberikan sertifikat tertentu pada produk-produk yang sudah memenuhi persyaratan untuk dijual di pasar Internasional seperti International Standard Organization (ISO), misal ada sertifikat ISO 9001, ISO 9002, ISO 14000 dan masih banyak lagi. Adanya persyaratan standar yang ketat menyebabkan banyak negara yang produknya belum bisa masuk dalam perdagangan Internasional. 

d. Adanya Persaingan Ketat Antarnegara
Adanya persamaan produk yang dihasilkan oleh beberapa negara menyebabkan antara negara satu dengan yang lain ketat untuk masuk ke pasaran internasional. Bagi negara yang telah mampu menghasilkan produk yang lebih berkualitas dengan harga yang lebih murah tentu hal ini bukanlah menjadi permasalahan. Akan ettapi bagi negara yang tidak memiliki kemampuan dan keahlian itu, yang akan menjadikan produknya tidak mampu menembus pasar internasional. 

e. Ketegangan di Bidang Politik dan Militer
Perdagangan internasional akan terganggu bila di antara keduan egara yang mengadakan hubungan dagang tersebut timbul masalah di bidang politik dan militer, misalnya perang, invasi ke negara lain, sengketa perbatasan, ikut campur tangan urusan dalam negeri dan lainnya. 
Hambatan Dalam Perdagangan Internasional
Sekian artikel tentang Hambatan Dalam Perdagangan Internasional semoga bermanfaat.. 

.
Blog, Updated at: 03.42