Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Faktor Pendorong Perdagangan Internasional| Dalam perdagangan internasional ini didorong oleh berbagai faktor sehingga dapat terjadi dan bergerak. Dilihat dari manfaat yang menguntungkan dari perdagangan internasional ini dipengaruhi oleh itu tadi faktor-faktor perdagangan internasional. Jadi jika teman-teman mengatakan bahwa apa yang membuat perdagangan internasional dapat terjadi ?.. dan mengapa perdagangan internasional dapat terjadi maka teman dapat melihat ke faktor-faktor perdagangan internasional . Faktor-faktor perdagangan internasional antaralain sebagai berikut... 



a. Perbedaan Kemilikan Faktor-Faktor Produksi
Perbedaan kepemilikan faktor produksi yang berupa kekayaan alam atau bahan baku modal, tenaga kerja dan keahlian membuat setiap negara menghasilkan barang dan jasa yang berbeda. Misalnya negara Indonesia memiliki tenaga kerja paramedia yang berlebihan sedangkan di Arab Saudi kekurangan tenaga kerja paramedis, maka terjadi kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi, sehingga banyak tenaga kerja paramedis indonesia yang berkerja di Arab Saudi.

b. Perbedaan Iklim, Kesuburan Tanah, dan Keluasan Wilayah
Dengan adanya perbedaan iklim, kesuburan tanah dan keluasan wilayah yang dimiliki masing-masing negara menyebabkan terjadinya perbedaan hasil produksi masing-masing negara. Misalnya Indonesia memiliki kelebihan dalam produksi kayu olahan hutan tropis, sedangkan Jepang kekurangan kayu, maka terjadi kerja sama bilateral antara negara Indonesia dengan Jepang di bidang perdagangan. 

c. Perbedaan Biaya Produksi Barang-Barang Industri
Di Indonesia tertentu, terkadang biaya produksi suatu barang lebih murah dari pada diproduksi oleh negara lain. Misal tekstil yang diproduksi di Indonesia bisa lebih murah dari pada tekstil yang diprokduksi di Amerika Serikat, karena pada industri tekstil di Indonesia banyak membutuhkan tenaga kerja manusia sementara harga tenaga kerja industri tekstil indonesia jauh lebih murah dari pada tenaga kerja di Amerika Serikat. 

d. Keterbatasan Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan Jasa)
Di perlukan kerja sama dengan negara lain yang mampu menghasilkan barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri, karena keterbatasan alat pemuas kebutuhan di masing-masing negara. 

f. Kelebihan Hasil Produksi yang Terjadi di Masing-Masing Negara
Adanya kelebihan hasil produksi di suatu negara sehingga perlu disalurkan ke negera lain yang membutuhkannya. Contoh Thailand terkenal sebagai negara yang surplus dalam produksi pertanian seperti beras dan gula pasir, sehingga produksi dua komoditi dari Thailand tersebut sampai ke Indonesia.

Sekian artikel tentang Faktor Pendorong Perdagangan Internasional semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 06.43