Zaman Pleistosen (Dilluvium), Apa itu ?..

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Zaman Pleistosen (Dilluvium) Apa itu ?. | Zaman Pleistosen (Dilluvium) berlangsung kira-kira 600 riu tahun yang lalu dan ditandai dengan adanya manusia purba. Zaman ini sering disebut zaman es (zaman glasial) yang ditandai dengan mulai mencairnya es yang bertumpuk di Kutup Utara karena terjadi perubahan iklim global hingga menutupi sebagian Eropa Utara, Asia Utara, dan Amerika Utara. Jika suhu panas turun maka es itu akan makin menjadi luas yang mengakibatkan air laut menjadi turun (zaman glasial). Sebaliknya, jika suhu panas nak maka es akan mencair sehingga daerah yang diliputih es menjadi semakin berkurang dan permukaan air laut menjadi naik (zaman interglasial). 

Pada masa ini, Sumatra, Jawa, dan Kalimantan (Indonesia bagian barat) masih menyatu dengan daratan Asia, sedangkan Pulau Papua dan sekitarnya (Indonesia bagian timur) terhubung dengan Australia. Mencairnya es di kutup telah mengakibatkan pulau-pulau di Indonesia dipisahkan oleh lautan baik dengan Asia maupun Australia. Daratan yang menghubungkan Indonesia bagian barat dengan daratan Asia disebut Paparan Sunda (Sunda Shelf). dan sekitarnya dengan Australia disebut Paparan Sahul. (Sahul Shelf). Kedua paparan tersebut dipisahkan oleh Zona Wallace. 

Pada masa ini hewan-hewan yang berbulu tebal seperti mamouth (gajah besar berbulu tebal) mampu bertahan hidup, sedangkan yang berbulu tipis migrasi ke wilayah tropis. Perpindahan hewan dari daratan Asia ke Indonesia terbagi atas dua jalur. Pertama melalui Malaysia ke Sumatera dan Jawa, Kedua Melalu Taiwan, Filipina ke Kalimantan, dan Jawa. Pada zaman ini, terjadi pula perpindahan manusia dari daratan Asia ke Indonesia, yaitu Pithecanthropus Erectus (ditemukan di Trinil) yang sama dengan Sinyathropus Pekinensis. Demikian juga dengan hasil kebudayaan Pacitan yang banyak ditemukan di Cina, Malaysia, Burma. Homo Wajakenensis yang menjadi nenek moyang bangsa Austroloid ikut pula menyebar dari Asia ke selatan sampai ke Australia dan menurunkan penduduk asli Australia (bangsa Aborigin).

Zaman Pleistosen (Dilluvium), Apa itu ?..
(Paparan Sunda dan Paparan Sahul)
Sekian artikel tentang Zaman Pleistosen (Dilluvium), Apa itu ?.. semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 20.53