Zaman Batu, Apa itu ?.

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Zaman Batu, Apa itu ?.| Zaman batu merupakan pembagian zaman praaksara, zaman batu ini terbagi atas 4, yang memiliki sejarah dan peninggalan-peninggalan pada setiap zaman tersebut. Peninggalan-peninggalan pada zaman itu merupakan bukti-bukti bahwa adanya kehidupan manusia purba di tempat itu dan pada zaman itu karna sudah pasti ada suatu orang yang pernah memakainya atau memilikinya. Zaman batu menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia purba saat itu dibuat dari batu. Walaupun ada juga alat-alat tertentu yang terbuat dari kayu dan tulang. Akan tetapi, pada zaman itu secara dominan alat-alat yang digunakan terbuat dari batu. Berdasarkan tipologi (cara mementukan umur berdasarkan bentuk atau tipe benda peninggalan), zaman batu dapat dibagi menjadi beberapa periode atau zaman yakni : 

a. Zaman Batu Tua (Paleothikum) 
Zaman batu tua diperkirakan berlangsung selama masa Pleistosen kira-kira 600 ribu tahun yang lalu. Ciri-Ciri kehidupan zaman batu, tua antara lain : 
1. Hidup berpindah-pindah (nomaden)
2. Berburu
3. Mengumpulkan  bahan makanan yang disediakan oleh alam (Food Gethring). 

b. Zaman Batu Tengah (Mesolithikum)
Zaman Batu tengah atau Mesolithikum berlangsung pada masa Holosen. Pada zaman batu tengah, alat-alat batu dari zaman batu tua masih terus digunakan dan telah mendapat pengaruh dari wilayah Asia daratan. 

c. Zaman Batu Baru (Neolithikum) 
Di Indonesia, zaman Neolithikum atau zaman batu baru dimulai sekitar 1.500 SM. Ciri-Ciri zaman batu baru antara lain : 
1. Sudah tidak berpindah-pindah tempat lagi atau sudah menetap
2. Sudah tak bergantung pada alam atau sudah memproduksi makanan sendiri dan telah diolah biasa disebut food producing
3.Hidup dari hasil bercocok tanam.

d. Zaman Batu Besar (Megalithikum) 
Pada zaman Megalithikum ini manusia sudah mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme. Zaman Megalitihikum berlangsung dari zaman Neolithikum hingga zaman perunggu. 

Sekian artikel tentang  Zaman Batu, Apa itu ?. semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 01.32