Sumber Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sumber Sejarah Masuknya Islam di Indonesia| Sumber-Sumber sejarah tentang proses masuknya agama islam ke Indonesia sehingga kita lebih yakin bahwa islam masuk atau datang di indonesia memang benar adanya, Islam dibawa oleh pedagang dan lainnya yang berdasarkan tentang teori penyebaran islam di nusantara dan pendapat para ahli yang memperkuat masuknya islam di indonesia, sangat jelas bahwa islam masuk di indonesia ini dan jika ingin bukti terkait sumber sejarah masuknya islam di indonesia dapat juga dilihat atau diketahui dari pesan-pesan yang tertulis di batu nisan dan catatan sejarah dari para penyair, yang dapat dilihat dibawah ini..

a. Batu Nisan dan Makam
Sumber-sumber sejarah berupa batu nisan dan makam yang menunjukkan proses masuknya agama Islam ke Indonesia adalah sebagai berikut. 
1). Batu nisan makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik, Jawa Timur yang berangka tahun 1082 M atau 475 H. 
2). Batu nisan makam Sultan Malik Al Shaleh dari Samudra Pasai yang berangka tahun 1297 M atau 696 H. 
3). Batu nisan makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur yang berangka tahun 1419 M atau 822 H.
4). Dua batu nisam makam berangka tahun 1380 M (781 H) dan 1389 M (789 H) di Munje Tujoh, Aceh Utara. 

b. Catatan Sejarah
Sumber-sumber sejarah berupa catatan sejarah dari para musafir yang menunjukkan proses masuknya agama Islam ke Indonesia adalah sebagai berikut. 
1). Catatan dari Dinasti Tang (Cina) yang memberitakan bahwa pada abad ke-7 telah ada permukiman pedagang Arab di Baros, pantai barat Sumatra 
2). Catatan Marco Polo yang memberitakan adanya masyrakat muslim di Perlak pada akhir abad ke-13. Marco Polo menceritakan bahwa pada abad ke-11,  Islam telah berkembang di Sumatra bagian Utara. Ia juga menceritakan bahwa Islam telah berkembang sangat pesat di Jawa. 
3). Catatan Ma Huan (musafir Cina) yang memberitakan bahwa pada awal abad ke-15 sebagian masyarakat pesisir pantai utara jawa telah memeluk Islam. Ma Huan adalah seorang penulis yang hidup pada masa pemerintahan Laksamana Cheng Ho. 
4). Catatan Tome Pires (musafir Portugis) berjudul Suma Oriental yang memberitakan tentang penyebaran agama islam di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Kepulauan Maluku sekiatar abad ke-16. 
5). Cerita Ibnu Battuatah yang menceritakan bahwa Sultan Samudra Pasai sangat baik terhadap ulama dan rakyatnya. Di samping itu, Ibnu Battutah menceritakan bahwa Samudra Pasai merupakan kesultanan dagang yang sangat maju. Di sana, Ibnu Battutah bertemu dengan para pedagang dari India, Cina, dan Jawa. 
Sekian artikel tentang Sumber Sejarah Masuknya Islam di Indonesia semoga bermanfat 

.
Blog, Updated at: 04.07