Sejarah : Sejarah Kerajaan Kutai

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah : Sejarah Kerajaan Kutai| Kerajaan kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang muncul sekitar tahun 400 M. Letak Kerajaan Kutai : kerajaan kutai terletak didaerah Muara Kaman di tepi di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Sungai Mahakam dapat dilayari dari pantai sampai masuk ke daerah Muara Kaman sehingga letak Kutai menjadi sangat strategi. Sumber Sejarah Kutai : Sumber sejarah utama tentang kutai adalah prasasti yang disebut yupa. Yupa adalah tugu batu yang bertulis sebagai perasasti. Yupa juga berfungsi sebagai tugu peringatan upacara korban. Di Kutai ditemukan tujuh buah yupa. Prasasti yang berbentuk yupa ditulis dengan huruf Pallawadan bahasa Sanskerta. Dengan melihat bentuk hurufnya, para ahli berpendapat bahwa yupa dibuat sekitar abad ke-5 Masehi. 

Pemerintah dan Kehidupan Sosial Ekonomi : menurut keterangan dari berbagai sumber dimana semua yupa dikeluarkan atas perintah Raja Mulawarman. Salah satu dari upa itu ada yang memuat silsilah Raja Mulawarman. Diterangkan bahwa Kudungga mempunyai putra bernama Aswawarman. Raja Aswawarman disbut Wamsakerta (pembentuk keluarga). Ia mempunyai  tiga orang anak dan yang terkenal adalah Mulawarman. 

Raja Mulawarman dikatakan sebagai raja terbesar di Kutai. Ia pemeluk agama Hindu-Syiwa yang taat. Hal itu dibuktikan dengan telah dibangunnya tempat suci agama Hindu yang dinamakan Waprakeswara. Ia juga dikenal sebagai raja yang sangat dekat dengan kaum brahmana dan rakyat. Raja Mulawarman pernah mengadakan kurban emas dan 1.000 ekor lembu untuk para brahmana. Oleh karena itu, sebagai raja terima kasih dan peringatan upacara kurban, para brahmana mendirikan sebuah yupa. 

Dilihat dari segi sosial, masyarakat Kutai mulai mengenal kasta-kasta yang sebelum mendapat pengaruh India tidak pernah dikenalnya Kudungga dan keluarganya termasuk kasta kesatria. Keluarga Kudungga dan keluarganya termasuk kasta kesatria. Keluargga Kudungga perna melakukan Vratyastoma, yaitu upacara penyucian diri untuk masuk pada kasta kesatria sesuai kedudukannya sebagai keluarga raja dalam agama Hindu. Kehidupan ekonomi mengalami perkembangan. Kerajaan Kutai yang terletak di tepi sungai, mendorong masyarakatnya melakukan kegiatan pertanian. Selain itu, mereka banyak yang melakukan perdagangan. 

Sekian artikel tentang Sejarah : Sejarah Kerajaan Kutai semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 14.33