Sejarah : Sejarah Agama Hindu

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah : Sejarah Agama Hindu | Dalam lahir, muncul, atau masuknya agama hindu telah menjadi sejarah bagi indonesia dan sejarah agama hindu. perkembangan agama hindu dilatar belakangi oleh beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga agama hindu dapat tumbuh dan berkembang hingga ke indonesia seperti dalam sejarah agama hindu. latar belakang lahirnya agama hindu telah tercantum dalam sejarah agama hindu bukan tidak mungkin sejarah agama hindu ini lahir dan muncul pasti tidak lahir atau muncul begitu saja, pasti ada sesuatu yang membuat agama hindu dapat lahir atau muncul dan berkembang sampai sekarang ini, dalam agama ini terkenal dengan macam-macam kasta atau jenis-jenis kasta, dan macam-macam dewa atau macam-macam dewa dalam trimurti. Untuk mengetahui itu semua, mari ktia lihat sejarah agama hindu seperti yang ada dibawah ini.

Sejarah Agama Hindu
Sejarah Agama Hindu - Agama Hindu sebenarnya lahir tumbuh, dan berkembang dari tradisi atau alam pikiran ajaran kitab weda. Penganutnya ajaran weda ini adalah suku bangsa Arya. Sekitar tahun 1500 SM suku bangsa Arya memasuki wilayah India. Diperkirakan mereka memasuki India melalui Celah Kaiber secara bergelombang. Sejarah Agama Hindu : pertama-tama dimulai kali suku arya mendiami Lembah Indus dan mendesak suku bangsa Dravida. Perlu ktia ingat bahwa bangsa dravida dikenal sebagai bangsa yang berhasil mengembangkan peradaban yang cukup maju di Lembah Indus. Peradaban suku bangsa Dravida berpusat di Mohenjo Daro dan Harappa. Karena terdesak suku bangsa Arya, peradaban Mohenjo Daro dan Harappa mengalami kemunduran. Bangsa Arya kemudian menyebar ke berbagai wilayah, misalnya ke Lembah Sungai Gangga dan Yamuna. Dalam penyebarannya itu suku bangsa Arya ada yang melangsukan perkawinan dengan orang-orang Dravida sehingga terbentuklah masyarakat dan generasi baru. Masyarakat dan generasi baru itu lazim disebut bangsa Hindu. Tradisi dan kepercayaan bangsa Hindu itulah yang disebut dengan agama dan kebudayaan Hindu. Nah, inilah contoh perubahan yang berkelanjutan. Perubahan dari kehidupan bangsa Arya dan Dravida berubah ke zaman Hindu. Akan tetapi, dasar ajarannya menggunakan Weda yang dahulu sudah digunakan oleh orang-orang Arya. 

Agama Hindu merupakan kepercayaan yang memuja dan menyembah para dewa. Dewa utamanya disebut Trimurti. Trimurti adalah kesatuan tiga dewa yaitu. 
1). Dewa Brahma sebagai pencipta ;
2). Dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara ; 
3). Dewa Syiwa sebagai dewa perusak ; 
Sejarah : Sejarah Agama Hindu : Patung Brahma, Patung Wisnu, Patung Syiwa
(Patung Dewa Trimurti)
Dalam praktik pemujaanya, dewa-dewa itu diwujudkan dalam bentuk patung. Patung merupakan unsur yang sangat penting dalam agama Hindu. Sumber ajaran atau kitap suci utama bagi agama Hindu adalah kitap Weda. Kitap Weda terdiri atas empat bagian, yaitu 
1). Rigweda, berisi puji-pujian terhadap para dewa ; 
2). Samaweda, berisi nyanyian suci ; 
3). Yayurweda, berisi matera-mantera ; 
4). Atharwaweda, berisi doa-doa untuk pengobatan. 

Di dalam kehidupan bermasyarakat, dikenal adanya pembagian kelas atau kasta, secara umum masyarakat Hindu dibagi menjadi empat kasta, yaitu Brahma, Kesatria, Waisya, dan Sudra. 
1). Kasra Brahmana terdiri atas para pendeta. 
2). Kasta Kesatria terdiri atas para raja dan keluarganya, para bangsawan, dan para prajurit. 
3). Kasta Waisya terdiri atas para pengusaha dan para pedagang, juga petani. 
4). Kasta Sudra terdiri atas para pelayan, pekerja kasar, dan rakyat jelata. 
5). Kasta Paria, terdiri atas gelandangan dan orang-orang buangan. 
Sekian artikel tentang Sejarah : Sejarah Agama Hindu semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 02.43