Sejarah Pithecanthropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah Pithecanthropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus | Pithencathropus merupakan manusia purba yang telah menjadi sejarah. Dalam ciri-ciri pithencanthropus dan jenis-jenis pithecanthropus merupakan point-point yang membuat kita dapat menjelaskan dan mengupas habis jenis manusia purba yakni Pithecanthropus.  Pada tahun 1936, Tjokrohandoyo yang bekerja di bawah pimpinan ahli purbakala Duyfjes menemukan fosil tengkorak anak-anak di Kepuhklagen sebelah utara Perning (Mojokerto). Fosil tersebut ditemukan pada lapisan Pucangan (Pleistosen Bawah) dan dinamakan Pithecanthropus Mojokertensis. Manusia purba ini tergolong jenis Pithecanthropus yang paling tua. Pithecanthropus merupakan jenis fosil manusia purba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Fosil-fosilnya banyak ditemukan pada lapisan Pleistosen Bawah dan Pleistosen Tengah. Pithecanthropus hidup secara berkelompok dan untuk mendapatkan makanan, mereka mencarinya dengan cara berburu dan menangkap ikan serta mengumpulkan makanan (Hunting anda Food Gathering).

Untuk mendapatkan makanan, Pithecantropus menggunakan alat-alat dari batu ataupun kayu yang dipungutnya. Meskipun telah menggunakan alat-alat dari batu dan kayu serta memakan apa saja yang tedapat di alam (tumbuhan dan hewan), tetapi tidak ditemukan adanya tanda-tanda bahwa makanan Pithecanthropus tersebut telah diolah dan dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Beberapa contoh alat-alat dari batu yang pernah dipegunakan oleh Pithecanthropus, misalnya berbagai macam kapak dari batu seperti kapak genggam, kapak perimbas, kapak penetak, pahat, genggam, serta alat-alat perih. Alat-alat tersebut banyak ditemukan di daerah Pacitan. Jenis-Jenis Pithecanthropus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut

Pithecanthropus dan Ciri-cirinya

Ciri-Ciri Pithecanthropus 
  • Badan tegap, tetapi tidak seperti Meganthropus
  • Bertinggi badan 165-180 cm.
  • Tulang rahang dan gerahan kuat serta bagian kening menonjol. 
  • Wajah tidak mempunyai dagu. 
  • Volume otak belum sempurna seperti jenis homo, yaitu hanya 750-1.300 cc. 
  • Tulang atap tengkorak tebal dan berbentuk lonjong. 
  • Alat-alat pengunyah dan otot tengkuk sudah mengecil 
  • Hidup diperkirakan 1-25 juta tahun lalu. 
  • iMakanannya masih kasar dengan sedikit pengolahan. 

Tengkorak pithecanthropus dan Ciri-cirinya pithencahtropus
(Tengkorak Pithecanthropus)

Artikel Terkait: 


Demikianlah informasi mengenai Sejarah Pithecanthropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu sejarah pithecantropus dan ciri-ciri pithecantropus. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

.
Blog, Updated at: 17.57