Sejarah : Isi Perjanjian Bongaya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sejarah : Isi Perjanjian Bongaya| Perjanjian Bongaya terdapat 8 point isi Perjanjian Bongaya. Perjanjian Bongaya adalah perjanjian antara Kerajaan Makassar dengan VOC pada tanggal 18 November 1667. Perjanjian Bongaya dapat terjadi atau latar belakangnya adalah VOC yang mengalahkan Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Makassar, dimana pada waktu itu VOC memperalat Raja Bone Arung Palaka untuk mengalahkan Kerajaan Makassar, yang akhirnya menyebabkan Kerajaan Makassar kalah dengan terpaksa melakukan perjanjian Bongaya dan menandatangan perjanjian tersebut. Jadi dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa perjanjian bongaya dapat terjadi akibat dari VOC, yang memberikan dampak yang membuat Makassar mengalami kemunduran dan akhirnya jatuh ke tangan VOC. Adapun Isi Perjanjian Bongaya dapat dilihat dibawah ini..

Perjanjian Bongaya
Isi Perjanjian Bongaya, antara lain sebagai berikut..
1. Makassar harus mengakui kedaulatan VOC. 
2. Makassar harus menyerahkan daerah, Bone, Flores, dan Sumbawa kepada VOC.
3. Benteng-benteng Makassar harus dihancurkan, kecuali Benteng Rotterdam. 
4. VOC mempunyai hak memonopoli perdagangan. 
5. Makassar harus membayar ongkos perang. 
6. VOC bebas dari bea pemasukan dan pengeluaran barang-barang. 
7. Makassar tidak boleh berdagang dengan maluku. 
8. Aru Palaka dikembalikan lagi kedudukanya sebagai Raja Bone oleh VOC.

Perjanjian Bongaya sangat merugikan rakyat Makassar dengan Politik adu domba Bangsa Asing yakni Belanda terhadap Kerajaan Makassar dengan Kerajaan Bone yang membuat persatuan rakyat di Makassar apa lagi Bone dengan Makassar. Dapat dilihat begitu mudahnya kita diperalat oleh bangsa asing, sehingga perlunya kita memiliki visi yang luas kedepannya agar kita tidak mudah saling berselisih, bertengkar, apa lagi sampai terjadi pertumpahan darah. 

Sejarah : Isi Perjanjian Bongaya
(VOC dan Sultan Hasanuddin)
Perjanjian Bongaya merupakan saksi bisu dimana kita di Adu Domba Bangsa Asing. Temukan berbagai artikel-artikel bermanfaat di Artikelsiana.com

Sekian artikel tentang Sejarah : Isi Perjanjian Bongaya semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 00.29