Proses Munculnya Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Proses Munculnya Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia| Apasih asal usulnya yang mengakibatkan adanya keraajan di indonesia?. Sejarah masuknya hindu-buddha yang membuat munculnya kerajaan Hindu-Buddha indonesia ??.. Ada banyak sekali proses-proses munculnya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia membuat bangsa indonesia dalam sejarahnya terdapat banyak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha. Pasti kita pernah berfikir, apa yang membuat kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha muncul di indonesia, apa asal-usul munculnya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesa ??.. mungkin itu yang sering anda tanyakan dimana dalam proses munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia memiliki banyak proses terbentuknya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Untuk mengetahui itu semua mari kita lihat penjelasannya seperti dibawah ini. 

Proses Munculnya Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia 
Pengaruh Kebudayaan Hindu-Buddha menyebabkan bangsa Indonesia mulai mengenal tulisan. Dengan memakai tulisan, bangsa Indonesia mulai mencatat berbagai peristiwa penting yang terjadi dalam masyarakat. Dengan adanya tulisan, bangsa Indonesia mulai memasuki zaman sejarah.
a. Perbedaan kehidupan sosial kemasyarakatan sebelum dan sesudah masa perkembangannya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
b. Nama dan tempat kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. 

Masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyaraka. Misalnya, kepercayaan masyarakat yang semula bersifat Anisme dan Dinamisme. berubah menjadi pemeluk agama Hindu atau Buddha. Di dalam tata kehidupan masyarakat mulai mengenal kasta. Seni bangunan, seni ukir, seni pahat, dan seni sastra makin berkembang. Perubahan yang sangat penting akibat masuknya pengaruh Hindu-Buddha adalah dalam bidang politik dan pemerintahan. Sebelum datangnya pengaruh Hindu-Buddha, di Indonesia hanya mengenal bentuk pemerintahan yang sederhana. Pemerintahan yang dimaksud adalah semacam pemerintahan masyarakat di suatu desa. 

Akan tetapi, setelah pengaruh Hindu-Buddha masuk ke Indonesia, pemimpin desa atau kepala suku yang sudah memeluk agama Hindu dan Buddha berubah menjadi seorang raja. Desa atau daerah yang dipimpinnya berubah menjadi kerajaan. Misalnya, kepala suku atau pemimpin desa daerah Kutai, Kudungga menjadi Raja Kudungga, dan Desa daerah Kutai menjadi Kerajaan Kutai. Dengan demikian, lahirlah kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha

Sekian artikel tentang Proses Munculnya Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 00.12