Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 2 November 2014

Sejarah : Proses Masuknya Islam di Indonesia

Sejarah : Proses Masuknya Islam di Indonesia| Islam di indonesia tidak hanya muncul atau lahir begitu saja, pasti memiliki proses dalam masuknya dan berkembangnya islam di indonesia Proses Masuknya islam di indonesia awalnya mulangi disaat indonesia menjadi pusat perdagangan, para pedagang  Arap, Persia, dan Gujarat, singgah dan melakukan hubungan dagang dengan penduduk indonesia. Para pedagang tersebut tinggal di pusat-pusat perdagangan untuk beberapa saat karena mereka harus menanti arah angin yang tepat dan hanya terjadi setiap setengah tahun untuk kembali ke negaranya. Selama mereka tinggal di indonesia terjadilah pergaulan dengan para pedagang indonesia. Dalam proses interaksi tersebut, para pedagang islam mulai memperkenalkan ajaran agama islam pada masyarakat indonesia. 

Penduduk Indonesia yang saaat itu memeluk agama Hindu-Buddha dan ajaran animisme, mulai tertarik dengan agama islam. Agama baru tersebut mengajarkan tauhid ( keesan tuhan) dan prinsip persamaan derajat. Hal itu berbeda denga ajaran hindu yang menekankan perbedaan dalam masyarakat berdasarkan sistem kasta sehingga banyak di antara pra pedagang pribumi mulai menganut agama islam. Selanjutnya para pedagang muslim dari Arap, Gujarat, dan Cina yang tinggal di pusat-pusat perdagangan indonesia dalam waktu yang cukup lama ada yang menikah dengan penduduk setempat. Proses perkawinan semacam itu akhirnya mempercepat perkembangan islam di Indonesia. 

Teori-Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia
Terdapat 3 teori mengenai proses masuk dan berkembangnya agama di indonesia, teori gujarat, teori mekah,dan teori persia. 
1. Teori Gujarat
Teori ini berpendapat bahwa agama islam masuk ke indonesia pada abad ke -13 dan pembawanya berasal dari gujarat (Cambay), India. Dasar dari teori ini adalah adanya hubungan dagang indonesia dengan india melalui jalur indonesia-Gujarat-Timur Tengah-Eropa dan adanya batu nisan sultan samudra pasai Malik AL Saleh yang bercorak khas gujarat. 
2. Teori Mekah 
Teori ini merupakan teori baru yang muncul sebagai sanggahan terhadap teori gujarat. Teori mekah berpendapat bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke -7 dan pembawanya berasal dari Arab (mesir). Dasar teori ini adalah pada abad ke -7 di pantai barat sumatera sudah terdapat perkampungan orang islam (Arap). 
3. Teori Persia
Teori ini berpendapat bahwa islam masuk ke indonesia abad ke -13 da pembawanya berasal dari Persia (Iran). Dasar teori ini adalah kesamaan budaya persia dengan budaya masyarakat islam Indonesia, seperti peringatan 10 muharram atau Asyura atas meninggalnya hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad yang dilakukan di Sumatera Barat dengan upacara Tabut. 

Sejarah : Proses Masuknya Islam di Indonesia
(Al-Qur'an merupakan Kita Suci Agama Islam)
Sekian artikel tentang Sejarah : Proses Masuknya Islam di Indonesia semoga bermanfaat 

Sejarah : Proses Masuknya Islam di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin