Prinsip dan Asas Pennyusunan APBN

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Prinsip dan Asas Pennyusunan APBN| APBN memiliki prinsip-prinsip dalam penyusunannnya yang sesuai dengan asas-asas penyusunan APBN. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang kita tahu dalam penyusunannya sangat ribet dan sulit, dalam pembuatan APBN ini diperlukan namanya prinsip dalam pembuatan yang tak lepas dari asas-asas penyusunan APBN agar proses pembuatan APBN ini berjalan dengan baik menurut kedua hal tersebut. Sebelumnya telah dibahas seputar APBN seperti pengertian, tujuan, dan fungsi APBN dan Cara penyusunan APBN, dan kali ini kita akan membahas tentang Prinsip dan Asas penyusunan APBN seperti yang ada dibawah ini..

Prinsip dan Asas Pennyusunan APBN

1. Prinsip-Prinsip Penyusunan APBN
Penyusunan APBN didasarkan pada prinsip umum yang meliputi berbagai aspek-aspek, antara lain sebagai berikut..
a. Prinsip penyusunan berdasarkan aspek pendapatan 
  • Mengindetifikasikan penerimaan sektor anggaran dalam jumlah dan ketepatan penyetoran.
  • Mengintensifkan penagihan dan pemungutan piutang negara, misalkan sewa penggunaan barang-barang milik negara, sewa pelabuhan dan bandara.
  • Mengintensifkan tuntutan ganti rugi yang diderita oleh negara dan denda yang dijanjikan. 

b. Prinsip penyusunan APBN berdasarkan aspek pengeluaran
  • Efektif dan efisien serta sesuai dengan kebutuhan teknis yang ada.
  • Terarah dan terkendali sesuai dengan anggaran dan program kegiatan.
  • Menggunakan semaksimal mungkin produk-produk dalam negeri dengan memperhatikan kemampuan yang dimiliki
2. Asas Penyusunan APBN
Dalam menyusunan APBN didasarkan pada tiga asas yang harus dilakukan diketahui pemerintah yang dijadikan sebagai dasar penyusunan APBN, sebagai berikut.
a. Kemandirian, artinya pembiayaan oleh negara didasarkan atas kemampuan negara, pinjaman luar negeri hanyalah sebagai pelengkap.
b. Penghematan atau peningkatan efisiensi dan produktivitas
c. Penajaman prioritas pembangunan, maksud dari penajaman perioritas pembagunan adalah APBN harus mendahulukan pembiayaan yang lebih bermanfaat

Sekian Pembahasan Prinsip dan Asas Pennyusunan APBN dan lihat juga berbagai macam-macam artikel menarik di Artikelsiana.com. Semoga artikel tentang Prinsip dan Asas Pennyusunan APBN bermanfaat bagi teman-teman, khususnya bagi para pembaca. Amin

.
Blog, Updated at: 20.38