Penyebaran Pengaruh Hindu-Buddha ke Asia Tenggara

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Penyebaran Pengaruh Hindu-Buddha ke Asia Tenggara|  Penyebaran agama Hindu-Buddha ini telah menjadi sejarah dalam proses penyiaran atau penyebarannya dikawasan asia tenggara yakni Kampuchea, Annam, Semenanjung Melayu, Myammar, dari kawan-kawasan tersebut merupakan penyebaran pengaruh Hindu-Buddha. Penyebaran Pengaruh Hindu-Buddha ke Asia Tengga :- Kontak kebudayaan antara india dan Asia tenggara ini juga berlangsung seiring dengan kegiatan perdagangan, adapun kawasan-kawasan di Asia tenggara seperti yang ada dibawah ini.

a. Kampuchea
Menurut beberapa sumber, pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha itu awalnya masuk ke Lembah Sungai Mekong di daeah Funan, Kampuchea. Di Funan ini kemudian berdiri sebuah kerajaan. Menurut cerita, Kerajaan Funan didirikan oleh seorang brahmana. bernama Kaundinya pada awal tahun Masehi. Pusat pemerintahannya ada di Vyadhapura dan pelabuahnnya ada di Oc-Eo. Pelabuhan itu terletak di sebelah barat Cochin. Cina sehingga menjadi sangat strategis. Oleh karena letaknya strategis, pelabuhan Oc-Eo menjadi pelabuhan dagang yang sangat penting di Asia Tenggara. Kerajaan Funan menjadi pelopor berkebangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Kampuchea. Pada aad ke-3, Kerajaan Funan telah menjalin hubungan dengan pemerinthaan Cina. 

b. Annam
Dari Funan, pengaruh Hindu-Buddha menyebar ke wilayah Hue, di Annam. Di wilayah itu kemudian muncul kerajaan Champa. Pusat pemerintahnnya ada di Quangnam. Menurut beberapa sumber, diperkirakan Kerajaan Champa ini pernah menjadi bawahan Kerajaan Funan. Daerah lain yang terkena pengaruh Hindu-Buddha adalah lembah sungai menam

c. Semenanjung Melayu 
Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha sampai pulau di semenanjung melayu. Menurut berita Cina wilayah Semenanjung Melayu yang terkena pengaruh Hindu-Buddha adalah daerah-daerah yang menjadi taklukan Funan. Daerah itu, antara lain Lang-Ya-Siu. 

d. Myanmar 
Kebudayaan Hindu-Buddha juga berkembang di Myanmar Selatan, yaitu di Arakan dan dataran rendah Myanmar Utara bagian pedalaman juga terpengaruh kebudayaan Hindu-Buddha. Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Myanmar selatan masuk melalui jalur laut, sedangkan pengaruh Hindu-Buddha masuk ke Myanmar Utara melali jalur darat. Jalur darat itu dari India terus masuk melalui Asam ke pedalaman Myanmar terus ke Yunan. 

Kesimpulan : 
Dari Uraian tersebut menunjukkan pengaruh Hindu-Buddhatanpak menyebar ke berbagai wilayah daratan Asia Tenggara. Dari India melalui jalur laut masuk ke Lembah Sungai Mekong, Lembah Sungai Menan, Semenanjung Melayu, dan Annam. Juga melalui Arakan dan Lembah Sungai Irawadi. Sementara itu, di Myanmar Pedalaman, pengaruh Hindu-Buddha masuk melalui jalur darat. 

Sekian artikel tentang Penyebaran Pengaruh Hindu-Buddha ke Asia Tenggara semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 14.41