Peninggalan Serajah Kerajaan Majapahit

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Peninggalan Serajah Kerajaan Majapahit| Pada zaman Kerajaan Majapahit, aspek kebudayaan semakin maju. Peninggalan kebudayaan Kerajaan Majapahit, antara lain prasasti, candi, dan karya sastra. Peninggalan kebudayaan Kerajaan Majapahit berupa prasasti, antara lain Prasasti Kedu (1216 Saka/1294 M), Praasti Sukamerta (1218 Saka/1296 M), Prasasti Tusanaru (1245 Saka/1323 M), Prasasti Balitar I (tahun 1246 Saka/1324 M), Prasasti Langgaean atau Langguhan (1338 M), Prasasti Singasari (1273 Saka/1351 M), Prasati Blambangan, dan Prasasti Jayapatra.Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Majapahit berupa karya sastra, antara lain sebagai berikut. 

Peningalan Kebudayaan Kerajaan Majapahit Berupa Karya Sastra
a. Kitab Negarakertagama karangan Empu Prapanca pada tahun 1365 M. Isinya menceritakan tentang sejarah raja-raja Singasari dan Majapahit; keadaan kota Majapahit dan daerah kekuasaannya; kisah perjalanan Raja Hayam Wuruk ke daerah kekuasaannya di Jawa Timur beserta daftar candi-candi yang ada; kehidupan keagamaan dengan upacara-upacara sakralnya. 

b. Kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Kitab tersebut berisi riwayat Sutasoma, seorang anak raja yang menjadi pendeta Buddha. 
c. Kitab Arjunawiwaha karangan Empu Tantular. Kitab tersebut berisi tentang riwayat raja raksasa yang berhasil ditundukkan oleh Raja Arjunasasrabahu. 
d. Kitab Kunjarakarna dan Parthayajna, tidak jelas siapa pengarangnya. Kitab itu berisi kisah raksasa Kunjarakarna yang ingin menjadi manusia, dan pengembaraan Pandawa di hutan karena kalah bermain dadu dengan Kurawa. 
e. Kitab Pararaton (Kitab para raja) berisi kejadian-kejadian penting yang terjadi pada masa keemasan Kerajaan Singasari dan Majapahit. 

Disamping seni sastra, seni bangunan juga berkembang pesat. Bermacam-macam candi didirikan dengan ciri khas Jawa Timur, yaitu terbuat dari batu bata. Candi-candi tersebut, misalnya Candi Tigawangi, Candi Surawana, Candi Jabung, dan Gapura Bajang Ratu, 
Peninggalan Serajah Kerajaan Majapahit
(Candi Jabung)
Sekian artikel tentang Peninggalan Serajah Kerajaan Majapahit semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 05.35